AMBON, Siwalimanews – Dinas Sosial Kota Ambon, bersama para mitra kerja diharapkan dapat memberikan pelayanan secara humanis dan pofesional dalam penanganan setiap masalah kesejahteraan sosial bagi masyarakat rentan dan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS).

“Hal itu dilakukan agar masyarakat merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan Dinsos ,” tandas Walikota Ambon Richard Louhenapessy dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Pelayanan Publik, Pieter Saimima, saat membuka kegiatan evaluasi kinerja Dinsos Kota Ambon di Marina Hotel, Rabu (13/4).

Semakin maraknya permasalahan sosial di Kota Ambon seperti gelandangan, pengemis, dan anak Jalanan kata Walikota, harus menjadi perhatian serius Dinsos dan mitra kerja, serta menjadi prioritas dalam penanganannya dengan memperhatikan standart pelayanan minimal (SPM).

Olehnya itu, pendamping Program Keluarga Harapan (PKH), Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) serta Desa/Kelurahan yang menjadi mitra, diharapkan meningkatkan sinergitas yang lebih baik untuk penanganan masalah sosial.

“Dalam pelaksanaan Tupoksi Dinsos untuk membantu Walikota dalam melaksanakan urusan pemerintahan dibidang sosial yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan, perlu dilaksanakan evaluasi kinerja untuk mengetahui kinerja aparatur dan kinerja organisasi,” ungkapnya.

Baca Juga: Yayasan Pelangi Perkenalkan Skrining HIV Mandiri

Dirinya berharap, melalui evaluasi kinerja, Dinsos dapat diidentifikasi data dan informasi terkait pencapaian sasaran kinerja dan hasil evaluasi dapat digunakan dalam pengambilan keputusan dalam penyusunan rencana kinerja dinas di tahun – tahun mendatang.

“Keberhasilan instansi dalam mengelola dinamika organsasi, sangar tergantung dari kinerja ASN dan kemampuan manajerial yang dimiliki,” tutupnya. (S-21)