AMBON, Siwalimanews – Berbagai langkah dan upaya terus dilakukan Pemprov Maluku untuk mengatasi penyebaran virus corona (covid-19) di daerah ini.

Selain mengeluarkan Maklumat Gubernur, pemprov juga telah menyiapkan anggaran kurang lebih Rp100 miliar untuk penanganan covid-19.

“Saya sudah berbincang-bincang dengan sekda, jadi nanti kita akan siapkan anggaran Rp 50-100 Miliar untuk penanganan masalah covid-19,” ungkap Gubernur Maluku, Murad Ismail saat melepas armada penyemprotan disinfektan di Lapangan Merdeka Ambon, Selasa (31/3).

Untuk memastikan ketersediaan anggaran tersebut, kata Gubernur, sekda dan jajaran OPD telah diinstruksikan untuk menghentikan proyek yang tidak signifikan, sehingga persediaan dalam rangka menjamin masyarakat Maluku aman dari covid-19 dapat terlaksana.

“Kalau ada proyek yang tidak perlu segera hentikan, Saya takut kalau proyek kita utamakan, maka masyarakat kita yang susah. Untuk itu, saya tidak mau ambil resiko,” ucapnya.

Baca Juga: Bupati Himbau Warga Bula Diluar Daerah Tetap Ditempat

Menurutnya, anggaran yang disiapkan tersebut, nantinya dapat digunakan pada saat ada kebijakan pemerintah pusat untuk lockdown.

“Instruksi Presiden ke setiap kepala daerah untuk batasi keluar masuk warga, nanti kalau memang kita lockdown, dalam artian bukan lockdown dari luar, tapi lockdown masyarakat didalam, maka anggaran tadi dapat digunakan untuk pemberian santunan kepada masyarakat kurang mampu terutama tukang ojek, supir angkot, tukang becak, pegawai perhotelan dan pertokoan,” janjinya.(S-45)