NAMROLE, Siwalimanews – Bupati Buru Selatan, Tagop Sudarsono Soulisa menghimbau masyarakat di Kabupaten Buru Selatan untuk membudidayakan pola hidup sehat.

Hal itu disampaikan ketika membuka kegiatan Forum Diskusi Germas, sekaligus Lounching dan Sosialisasi Gernas di Kabupaten Buru Selatan Tahun 2020, Rabu (11/11).

“Kita ketahui bersama, derajat kesehatan masyarakat akan terwujud apabila semua komponen masyarakat berperan serta dalam upaya memperbaiki kesehatan dengan memprioritaskan promotive – preventif tanpa mengabaikan kuratif dan rehabilitatif,” kata Bupati.

Menurutnya, upaya prioritas ini merujuk pada kegiatan pelayanan kesehatan yang lebih mengutamakan pada kegiatan yang bersifat promosi kesehatan, kegiatan pencegahan terhadap masalah kesehatan, kegiatan pengobatan untuk penyembuhan, pengurangan dan pengendalian penyakit serta kegiatan pengembalian berkas penderita penyakit ke dalam masyarakat, sehingga berfungsi sebagai anggota masyarakat yang berguna sesuai dengan kemampuannya.

“Mengubah pola hidup krarah promotive – prefentif dengan menekankan pada perilaku hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri, merupakan salah satu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya hidup sehat,” ucapnya.

Baca Juga: Tingkatkan PAD, DPRD Samarinda Belajar di Ambon

Hal ini sejalan dengan upaya peningkatan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang telah diprakarsai oleh Presiden RI menjadi suatu gerakan nasional yang tertuang dalam Inpres Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

“Atas dasar tersebut, Pemerintah Kabupaten Buru Selatan tentunya harus melaksanakan kegiatan Germas yang sangat mulia ini,” ujarnya.

Dalam pelaksanaannya, lanjutnya, tentu saja membutuhkan rumusan kebijakan publik berupa Peraturan Bupati yang berpihak pada Bidang Kesehatan, termasuk juga didalamnya pengalokasian anggaran untuk program kesehatan serta kelengkapan sarana dan prasarana di bidang kesehatan.

“Untuk itu, saya mengajak kepada seluruh organisasi perangkat daerah di Kabupaten Buru Selatan serta pihak-pihak terkait di bidang kesehatan, termasuk kita yang hadir saat ini, untuk memberikan dukungan dan komitmen, khususnya dalam pelaksanaan Germas di Kabupaten Buru Selatan,” katanya.  (S-35)