NAMROLE, Siwalimanews – Bupati Buru Selatan Tagop Sudarsono Soulisa menjelaskan, pariwisata bukanlah sektor yang berdiri sendiri, namun merupakan industri yang multi sektoral.

Pasalnya, pariwisata selain sebagai sektor yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, juga dapat meningkatkan apresiasi terhadap budaya daerah, menjalani persahabatan antar bangsa meupun individu yang lebih baik secara nasional maupun global.

“Sektor pariwisata bukanlah sektor yang berdiri tetapi industri yang multi sektoral,” jelas bupati dalam sambutannya yang dibacakan Asisten I Bidang Pemerintahan, Alfario Soumokil saat membuka kegiatan sosialisasi pengembangan dan penerapan sustainabel working for empowerment and resources advancement yang diselenggarakan Dinas Pariwisata, Jumat (18/9).

Walaupun demikian kata bupati, ada beberapa permasalahan yang dihadapi dalam pengelolaan pariwisata di Bursel yang menyebabkan manfaat yang diterima masyarakat belum sepenuhnya dirasakan.

Akibatnya, berdampak pada rasa kurang memiliki terhadap kawasan pariwisata yang ada di kabupaten ini. Untuk itu diperlukan langkah dan upaya meningkatkan pemahaman dalam hal regulasi yang berkaitan dengan kepariwisataan di Maluku dan khususnya di Bursel.

Baca Juga: Keuskupan Rayakan 26 Tahun Tahbisan Uskup Mandagi

“Selain itu diperlukan upaya untuk tingkatkan wawasan dan pengetahuan kepada para pengelola dan pelaku usaha pariwisata dalam pengembangan dan pengelolaan pariwisata sehingga dapat berperan untuk ciptakan peningkatan kualitas produk, pengelolaan dan pelayanan yang berdampak pada tingginya minat wisatawan baik domestik, maupun internasional untuk berkunjung ke Bursel,” ujarnya.

Menurutnya, dalam beberapa tahun terakhir ini, pariwisata telah berkembang menjadi sektor unggulan dan memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian negara, begitu juga yang terjadi di Maluku dan Bursel.

Tolak ukur keberhasilan pariwisata dapat diukur dari terciptanya iklim yang kondusif dalam bentuk dukungan dan penerimaan masyarakat terhadap pengembangan pariwisata di daerah serta penyiapan sarana dan prasaran penunjang.

“Bursel mempunyai daya tarik dan keunikan yang tak kalah menariknya dengan daerah lain di Maluku maupun di Indonesia, baik potensi alam, sejarah, budaya dan adat istiadatnya, bahkan sebagian dari pulau Buru ini belum tersentuh oleh dunia, kendati begitu jangan sangsikan keindahan yang ada di Bursel, sebab destinasi wisata air jin menjadi salah satu destinasi terpopuler tahun 2017,” ucap bupati.

Kabupaten Bursel tambah bupati, saat ini sementara berbenah diri, sehingga perlu menyiapkan berbagai hal yang bekaitan dengan pariwisata ke depan, sebab daerah ini memiliki berbagai potensi yang dapat dikembangkan dan itu akan berdampak pada multiplier effect demi kesejahteraan masyarakat.(S-35)