DOBO, Siwalimanews – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 serta Pemkab Aru mewajibkan swab tes bagi seluruh aparatur sipil negara (ASN) serta personel TNI dan Polri dan wartawan.

Sebanyak 202 orang yang terdiri dari ASN, anggota TNI dan Polri serta wartawan telah menjalani swab test massal dilakukan oleh Dinas Kesehatan kabupaten kepulauan Aru dibantu Tim Balai Teknik Kesehatan Maluku.

“Kita wajibkan swab tes untuk ASN dan hari ini 202 orang telah menjalani swab baik ASN dan pegawai honorer anggota Koramil 1503-03 dan wartawan,” ungkap Juru bicara Satgas Covid-19 Aru, Thomas Anmama kepada Siwalima, disela-sela kegiatan tersebut, Kamis (18/2)

Swab test ini kata Anmama, merupakan instruksi bupati yang mengharuskan seluruh ASN, dan pekerja media, bahkan TNI dan Polri untuk jalani swab tes, dikarenakan aktivitas mereka yang tinggi.

“Kedepannya juga akan diupayakan bagi seluruh masyarakat Aru menjalani hal yang sama,” ujarnya.

Baca Juga: PUPR Janji Rehabilitasi Jalan di Lima Kecamatan

Untuk hari ini, kata Thomas, sesuai jadwal swab tes dilakukan untuk ASN dan tenaga honorer yang bekerja di Sekretariat Daerah, Koramil 1503-03 PP Aru, Brimob Kompi 2 Yon C Pelopor Aru. Namun, dalam pelaksanaanya anggota dari Brimob Kompi 2 Yon C Pelopor Aru tidak datang.

“Ada wartawan juga telah jalani swab tes. Wartawan merupakan bagian perioritas, karena rekan-rekan ini setiap harinya selalu berkomunikasi dengan banyak orang dalam barbagai kondisi, sehingga masuk perioritas untuk jalani tes,” jelasnya.

Untuk ASN pada OPD lainnya menurut Anmama, akan menjalani swab tes pada hari-hari berikutnya. Sementara yang telah lakukan swab tes sehari sebelumnya atau Rabu (17/2) yakni personel Polres Aru dan Kompi Senapan Elang 747 SNS.

“Hasil swab tes ini nanti, akan menentukan apakah seseorang layak untuk menjalani vaksinasi atau tidak,” tandasnya. (S-25)