AMBON, Siwalimanews – Lagi-lagi curah hujan yang tinggi sejak, Selasa (26/7) pagi hingga saat ini, membuat sungai di Dusun Air Sakula, Desa Hatu, Kecamatan Leihitu Barat, meluap.

Akibat luapan sungai, membuat air naik hingga ke jalan umum. Derasnya arus dan dalamnya air membuat kendaraan, baik roda dua, dan empat maupun pejalan kaki, tidak dapat melewati jalan tersebut. Akhirnya akses jalan menuju ke Desa Hatu lumpuh total.

Kasi Humas Polresta Ambon dan Pulau-pulau Lease Ipda Moto Utomo, kepada wartawan di Mapolresta Ambon, Selasa (26/7) menjelaskan, Luapan air diakibatkan hujan yang besar, sehingga air dari pegunungan turun ke muara sungai sehingga meluap sampai ke jalan utama.

“Seluruh jalan dikawasan itu tertutup air yang mengakibatkan transportasi menuju Kecamatan Leihitu Barat lumpuh total,” ucap Utomo.

Saat ini kata Utomo, pihak kepolisian maupun pemerintah desa, sementara melakukan koordinasi dengan Pihak BPDP Provinsi untuk mengatasi bencana tersebut.

Baca Juga: PAN SBT Calonkan Murad Ismail Sebagai Wakil Presiden

Mantan Wakapoksek Leihitu ini menghimbau masyarakat yang akan melakukan perjalanan ke arah Laha dan Kota Ambon dari arah Leihitu Barat untuk sementara tidak melakukan perjalanan sampai air benar-benar surut

“Sampai dengan saat ini situasi di lokasi banjir tepatnya di Air Sakula Negeri Hatu, masih diguyur hujan hingga air terus meluap ke jalan utama, anggota Polsek Leihibar juga masih stand by dengan masyarakat setempat di lokasi tersebut,” bebernya. (S-10)