PETUGAS Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) sebanyak 279 orang resmi dilantik Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 177 Desa dan 1 Kelurahan, Minggu (12/02) dan langsung mengikuti Apel Kesiapan Pantarlih di masing-masing sekretariat PPS. Pantarlih sudah dilantik ini dan akan bekerja mulai tanggal 12 Februari hingga 14 Maret 2023 mendatang.

Khusus di Kecamatan Moa, Kelurahan Tiakur, Setelah dilantik, Pantarlih PPS Kelurahan Tiakur langsung melaksanakan tugas dengan mengunjungi Kediaman Bupati MBD untuk melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih

Ketua KPU MBD, Kristiaan Litualy Talupoor, yang turut mendampingi Pantarlih TPS-02 Tiakur menyampaikan, Pantarlih adalah ujung tombak pelaksanaan tahapan pemutakhiran data pemilih, karena suksesnya tahapan pemilu, sangat bergantung pada data pemilih yang terupdate dan mutakhir.

“Pantarlih harus memastikan seluruh kepala keluarga dan anggotanya yang memenuhi syarat sebagai pemilih terdaftar dalam data pemilih. Oleh karena itu, penting bagi Pantarlih berkoordinasi dengan pemangku kepentingan di wilayah setempat sebelum melakukan pendataan,” jelasnya.

Baca Juga: Walikota-Wakil Walikota Vlissingen Sambangi  Sekolah Penggerak

Sementara itu, Bupati MBD, Benyamin Th. Noach, menyambut baik kegiatan Pantarlih tersebut dengan turut memberikan data KTP maupun Kartu Keluarga (KK) untuk dilakukan pencocokan dan penelitian.

Bupati menegaskan, kehadiran Pantarlih di setiap rumah tangga harus disambut baik oleh seluruh masyarakat MBD dari Serili Pulau Masela hingga Ustutun Pulau Lirang.

“Seluruh masyarakat MBD harus mendukung kegiatan ini, karena untuk memastikan nama bapa ibu ada atau tidak dalam daftar pemilih, sehingga tidak hilang hak pilihnya,” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, Ia mengingatkan seluruh jajaran KPUD Kabupaten MBD agar tetap bekerja dengan semangat dan tetap menjaga netralitas dan integritas.

“Pada kesempatan ini, saya ingin mengingatkan seluruh jajaran penyelenggara pemilu untuk bekerja secara baik dengan menjaga integritas,” harapnya.

Untuk diketahui para pejabat daerah yang telah dilakukan coklit data antara lain Bupati MBD, Wakil Bupati MBD, Penjabat  Sekretaris Daerah Kabupaten. MBD, Ketua DPRD Kabupaten MBD, Lurah dan Sekretaris Lurah.(S-08)