AMBON, Siwalimanews – Polda Maluku dalam waktu dekat akan membangun gedung baru sentra pelayanan kepolisian terpadu (SPKT) bagi Polresta Pulau Ambon.

Pembangunan SPKT ini akan menjadi prototype atau percontohan SPKT di satwil jajaran Polda Maluku, serta menjadi salah satu polda yang ditunjuk sebagai representasi dari wilayah Indonesia timur.

Wakapolda Maluku, Brigjen Jan de Fretes, saat memimpin rapat terbatas guna membahas rencana pembangunan SPKT di Polresta Ambon, Kamis (23/7), menginstruksikan jajarannya agar memperhatikan SOP dan mengakomodir kearifan lokal dalam ornamen bangunannya nanti.

“Pembangunan SPKT ini sebagai prototype SPKT di satwil jajaran Polda Maluku, sehingga harus dilaksanakan dengan benar dan melalui perencanaan yang matang,  perlu dibuat SOP dalam pelaksanaan tugas dan pelayanan di SPKT serta juga mengakomodir kearifan lokal dalam ornamen bangunan sehingga lebih berciri khas Maluku,” pintanya.

Ditempat yang sama Karo Rena Polda Maluku Kombes Eko Suprihanto, menambahkan, pembangunan gedung SPKT Polresta Ambon sendiri akan menelan anggaran Rp 1,5 miliar dengan luas bangunan 150 meter persegi. Anggaran pembangunan tersebut bersumber dari APBN 2021.

Baca Juga: Akabri Angkatan 95 Gelar Aksi Donor Darah

Prototype SPKT ini juga akan dibangun di Polda Matro Jaya (SPKT tingkat Polsek Metro) dan Polda Kaltara (SPKT wilayah perbatasan).

“Kita patut bersyukur menjadi salah satu polda yang ditunjuk sebagai representasi dari wilayah Indonesia Timur dalam pembangunan SPKT ini,” ucapnya.

Dalam rapat terbatas, saran dan masukan sangat diperlukan guna menyempurnakan rencana pembangunan masuk dari beberapa pejabat di Polda Maluku, salah satunya Irwasda Polda Maluku Kombes R Heru Prakuso.

Irwasda minta agar pembangunan nanti dapat menyediakan ruang dan fasilitas untuk mengakomodir masyarakat kelompok rentan yaitu anak-anak dan ibu menyusui. Saran tersebut kemudian dimasukan ke rencana pembangunan untuk dikaji lebih lanjut. (S-45)