AMBON, Siwalimanews – Peduli terhadap kerusakan yang terjadi pada sebagian besar lingkungan hidup serta  momentum peringatan HUT TNI Ke 74  pada 5 Oktober nanti, maka Kodam XVI/Pattimura  menggelar program penghijauan lingkungan di berbagai lokasi di wilayah Provinsi Maluku dan Maluku Utara.

Penghijauan yang diinisiasi Pangdam XVI/ Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq tersebut,  juga dimaksudkan sebagai upaya mengembalikan kejayaan Maluku yang sudah lama dikenal memiliki segudang kekayaan khas  berupa potensi keindahan alam, dan aneka tanaman legendaris atau pohon-pohon langka yang bernilai ekonomi tinggi seperti, pala, cengkeh, kayu besi,  linggua dan pohon torem.

Pangdam XVI/ Pattimura bersama jajarannya dan elemen mahasiswa serta berbagai unsur masyarakat lainnya melakukan  penanaman lebih dari 1.000 pohon di lahan sekitar Kampus IAIN Ambon dan Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Ambon.

Beragam jenis pohon ditanam dalam aksi bertema “Satu Dunia, Satu Kehidupan dan Satu Kesempatan Untuk Menjaganya”, diantaranya pohon  palaka, sukun, samama, mieanti, kenari, cempedak, durian, bakau dll.

Kegiatan yang dimotori  Kodam XVI/Pattimura dengan  menggandeng  Kampus IAIN dan Paguyuban Budiasi di Ambon ini, juga merupakan program serbuan teritorial yang  dilaksanakan selama dua bulan yakni September dan Oktober 2019.

Baca Juga: Louhenapessy: Sektor Pelayanan Jasa Unggul Di Ambon

“Dari berbagai rangkaian kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT TNI ke-74, kita fokuskan ke penghijauan, secara serius. Kita lakukan kegiatan secara lokal, namun semoga ini akan berdampak pada kepentingan global”, tandas Pangdam XVI/ Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq.

Dijelaskan, tema ini dipilih dengan harapan  besar agar bisa memunculkan semangat kesadaran lingkungan pada masyarakat Maluku, khususnya  generasi muda dari semua elemen yang berada di Pulau Ambon. Disamping juga bertujuan mengembangkan dan meningkatkan program penghijauan pemerintah di bumi raja-raja ini.

“Melalui kegiatan ini, kami ajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut serta tanam sekaligus pelihara pohon-pohon termasuk pohon mangrove yang ada di Teluk Ambon”,pinta Pangdam.

Pangdam berharap, semua tanaman yang ditanam dalam program penghijauan ini dapat tumbuh dengan subur dan dapat menghijaukan lingkungan di wilayah Provinsi Maluku dan Maluku Utara.

Untuk diketahui, sejak diinisiasi Mayjen TNI Marga Taufiq pada awal 2019 hingga saat ini sudah lebih dari  2500 bibit pohon yang telah ditanam di seluruh wilayah jajaran Kodam XVI/Pattimura. Inisiatif penanaman pohon ini, akan terus dilanjutkan sehingga secara kuantitas akan lebih banyak lagi pohon yang tumbuh di masa depan. (S-21)