AMBON, Siwalimanews –  Menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1443 Hijryah, maka Majelis Pekerja Harian Sinode Gereja Protestan Maluku menyerahkan satu ekor sapi sebagai hewan kurban kepada umat Muslim di Kota Ambon, yang diterima langsung oleh imam besar Masjid Al-fatah, R. R Hasanusi.

Penyerahan hewan kurban ini diserahkan langsung oleh Ketua MPH Sinode GPM, Pendeta E T Maspaitella didampingi Sekretaris Umum MPH Sinode GPM Pendeta Izhak Sapulette dan Ketua PHBG GPM Bodewin Wattimena di halaman Masjid Al-Fatah, Rabu (6/7).

Disela-sela penyerahan itu, Maspaitella mengatakan, penyerahan hewan kurban merupakan bentuk dan cara umat Kristen di Maluku menunjukkan rasa persaudaraan yang selama ini terbangun dalam kedamaian dan kerukunan antar umat beragama di Maluku.

“Hewan kurban kita serahkan hari ini merupakan bentuk syukur dalam bingkai persaudaraan yang selama ini kita bangun, sehingga harus menjadi tanggung jawab bersama di Maluku,” ujar Maspaitella.

Seluruh rajutan persaudaraan antar umat beragama di Maluku kata Maspaitella, akan terus dibangun dalam semua momentum perayaan hari besar keagamaan, walaupun disebagian besar wilayah Maluku saat ini dilanda dengan bencana, tetapi tidak menyurutkan semangat untuk saling berbagi.

Baca Juga: Jadi Langganan, Pemkot Didesak Minimalisir Titik Banjir

Maspaitella berharap, dengan penyerahan hewan kurban seluruh umat Kristen dapat menimbah nilai rela berkorban yang tetap diberikan dalam berbagai bentuk.

Sementara itu Imam Besar Masjid Al Fatah, R.R Hasanusi memberikan apresiasi terhadap kerelaan umat Kristen di Maluku yang terus berpartisipasi dalam hari raya kurban.

“Ini bukan pertama kalinya, tapi sudah berlanjut setiap tahun dan menunjukan semangat persaudaraan kita yang terus terjaga,” tutur Hasanusi.

Pemberian hewan kurban harus dilihat sebagai bentuk kerelaan umat Kristen dalam mengorbankan kepentingan demi memuliakan Allah dan  daging hewan kurban dapat dibagikan kepada umat Muslim yang membutuhkannya.(S-20)