AMBON, Siwalimanews – Sinergitas Mahasiswa IAIN dalam Pelaksanaan Praktek Profesi Kegu­ruan Terpadu (PPKT) masa Covid 19 Periode II Tahun 2020 dari Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan IAIN Ambon pada Chek Point Passo Larier.

“Mereka berada saat PKKT untuk membantu para petugas dalam pe­negakan protokol kesehatan bagi pe­laku perjalanan, kata Dosen pembimbing lapangan Dr. Kapraja Sangadji, M.Pd.

Kapraja ketika dihubungi Siwalima Selasa (25/11) mengatakan, pende­katan yang dilakukan dimasa pandemic covid ini mestinya lebih mengarah kepada upaya membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Oleh karena itu kelompok mahasiswa ini hadir dan  terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat dengan membantu petugas posko PSBB melakukan penegakan protokol kesehatan yaitu, pake masker, jaga jarak dan mencuci tangan.

Selain itu, para Mahasiswa  juga menyiapkan masker untuk diberikan kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker selama berada di ruang public, sekaligus mengingatkan masyarakat akan pentingnya  pola hidup sehat.

Baca Juga: Air Sumur Bor Kapaha Bikin Warga Gatal-gatal

Untuk diketahui, kegiatan ini nantinya akan berlangsung selama tiga hari, yaitu tanggal 23 sampai dengan 25 November 2020, ungkapnya.

Sementara itu,Ketua kelompok mahasiswa Nur Rohim mengatakan hari pertama sampai hari kedua ini, diberikan peran yang sama dengan semua petugas posko. “ada yang tugasnya mengarahkan arah jalan bagi pengguna kendaraan bermotor, dan ada yang tugasnya melakukan pemeriksaan terkait dokumen perjalan dan penegakan protokol kesehatan”ucapnya.

Menurutnya petugas posko Larier sangat tegas bagi pelanggar protokol kesehatan seperti tidak menggunakan masker maupun kapasitas penumpang melebihi 50 persen.Para petugas tidak segan – segan untuk menyuruh kendaraan balik ke arah datangnya.

Ditempat yang sama Ronald lekransy  mengungkapkan Posko PSBB merupakan simbol dari sikap serius  pemerintah dalam upaya penuntasan pandemic covid 19.

Oleh karena itu covid 19 adalah persoalan bersama, bencana global yang butuh  keterlibatan seluruh komponen masyarakat termasuk mahasiswa. “Kehadiran Mahasiswa PPKT pada posko ini adalah  pilihan terpuji. Jika semakin banyak masyarakat  yang sadar dan terlibat bersama pemerintah dalam tugas  kemanusiaan ini diharapkan pandemic covid ini bisa cepat berlalu,” tutupnya. (Cr-5)