AMBON, Siwalimanews – Wakil Gubernur Maluku Barnabas Nathaniel Orno menegaskan simposium nasional akuntansi vokasi (SNAV) ke-9 dan olimpiade akuntansi vokasi (OAV) ke-4 tahun 2021 hasus menghasilkan calon calon akutansi yang profesional.

Hal ini dikatakan oleh orno ketika membuka secara resmi simposium nasional akuntansi vokasi ke-9 dan olimpiade akuntansi vokasi di The Natsepa Resort and Conference Center, Selasa (26/10).

“Atas nama Pemprov Maluku, saya sampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Direktur Politeknik Negeri Ambon beserta jajarannya yang telah menjadi tuan rumah penyelenggaraan simposium nasional saat ini, ungkap Orno saat membacakan sambutan gubernur.

Menurutnya walaupun sempat tertunda pelaksanaan akibat Covid-19, tetapi tidak menyurutkan niat dan semangat untuk menggelar kegiatan yang sangat strategis ini.

Diera globalisasi yang berkembang semakin efisien dan efektif, akuntansi akan berkembang menjadi ilmu yang modern dan analitis. Teknologi akan mengambil alih sebagian pekerjaan tradisional akuntansi, dan akan meningkatkan nilai tambah, kecepatan, serta keluasan informasi yang disajikan.

Baca Juga: Copy Paste di UKL UPL

“Kita ketahui hubungan antara akuntansi dan fraud (kecurangan) bagai pedang bermata dua. Di satu sisi, akuntansi sebagai instrumen pendeteksi dan pencegah fraud tetapi, tetapi disisi lain dapat juga digunakan untuk menyembunyikan fraud,” jelasnya.

Selain itu, tidak memperhatikan kepentingan diri sendiri, tetapi para akuntan harus berpikir inklusif, terbuka, dan menjadi akselerator dalam pembangunan nasional serta berperan aktif untuk mempercepat dan meningkatkan akuntabilitas sektor publik dan sektor swasta untuk Indonesia dan khususnya Maluku yang lebih baik.

Ia berharap, simposium yang dilaksanakan ini menjadi sangat penting sebagai forum diskusi dan sarana untuk mempererat sinergi antara para dosen akun­tansi se-Indonesia dalam mem­per­kokoh ikatan kerja sama yang selama ini telah dibangun dalam menghadapi tantangan global.

”SNAV dan OAV yang akan berlangsung selama 2 hari ini kiranya dapat menjadi ajang desiminasi hasil-hasil penelitian akuntansi terapan sektor publik dan swasta, sekaligus sebagai upaya untuk mengasah, dan mengembangkan minat-bakat menulis, serta kompetensi mahasiswa akuntansi vokasi,” harapnya. (S-51)