AMBON, Siwalimanews – Bangsa yang besar ada­-lah bangsa yang menghar­gai jasa pahlawannya. Sikapi adagium tersebut, Cafe Sibu-Sibu dan Yaya­san Arika Mahina  terpanggil un­tuk menggelorakan semangat generasi muda untuk duduk “bas­tori sambil manyanyi” guna mengenang perjuangan Pahlawan Kapitan Pattimura pekan kemarin.

Bertempat di Cafe Sibu-Sibu anak muda generasi penerus cita-cita pahlawan bangsa khusus di Kota Ambon membanjiri Cafe milik June Taihitu/Manuhutu itu untuk mendengar cerita sejarah pahlawan Pattimura dan menyanyi lagu-lagu daerah asal Maluku.

CEO Sibu-Sibu Cafe, June Taihutu/Manuhutu pada kesempatan tersebut mengatakan, pihaknya terdorong untuk menggelar acara dimaksud guna memberikan semangat dan motivasi kepada oengunjung Cafe Sibu-Sibu khusus generasi muda agar tetap kuat dan semangat menghadapi era globalisasi yang penuh dengan digitalisasi atau milenial itu.

Meskioun demikian, June menegaskan di era yang serba digitalisasi ini, generasi muda jangan lupa dengam perjuangan pahlawan Pattimura melawan penjajah.

“Kita tetap semangat dan harus terpatri di hati setiap generasi muda bahwa jasa pahlawan kita itu penting. Kita ada sampai sekarang, kqrena jasa para pahlawan. Apapun arus gelombang dunia dengan segala kecanggihannya tetapi sejarah bahasa jangan pernah dilupakan,” ujar June.

Baca Juga: 15 Kontainer Telur Masuk Ambon

Sementara acara yang dikemas dalam bentuk bastori dan bacarita ini pihal panitia menghadirkan anak-anak muda dari Suara Milenial dimana dalam pokok bastorinya, lebih mengedepankan kepada isu-isu yang berkaitan dengan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Tak hanya itu, ada juga anak-anak muda yang berasal dari Grean Moluccas yang fokus bastori lebih condong kepada isu-isu lingkungan. Kegiatan ini juga dikemas  dalam bentuk manyanyi dengan diiringi Wilda Band dan Sherly Maitimu. (S-32)