DOBO, Siwalimanews – Menjelang perayaan Natal 25 Desember 2020 dan Tahun Baru (Nataru) 01 Januari 2021, Kepala Kantor SAR Ambon, Djunaidi melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) ke Dobo

Kunker Kepala SAR Ambon ini guna mengecek langsung gedung yang akan di gunakan sebagai Pos SAR Kepulauan Aru. Karena di Kepulauan Aru merupakan salah satu pulau terluar yang ada di Maluku,”ungkap Djunaidi, Kamis (10/12) di Dobo.

Pantauan Siwalima, Kepala SAR Ambon didampingi Kepala Pos SAR Kepulauan Aru, Reinhard Lopies mendatangi kantor Bupati Kepulauan Aru dan di terima langsung oleh Johan Gonga di ruang kerjanya.

Pada kesempatan itu, Djunaidi mengatakan, maksud dan tujuan kunjungan di Kepulauan Aru (Dobo) untuk melihat langsung kesiapan peralatan laut dan personil dalam rangka persiapan siaga SAR khusus Natal dan Tahun Baru.

Menurutnya, saat ini cuaca masih ekstrim terjadi dengan adanya siclon lainnya yang akan berdampak pada perairan Maluku.

Baca Juga: Menpan-RB Minta Pemprov Tambah Kuota PPPK

“Dengan memasuki perayaan hari Natal dan pergantian Tahun, pastinya akan terjadi arus mudik, untuk itu menyiagakan seluruh personel di semua daerah, termasuk di Kabupaten Kepulauan Aru,” ujar.

Ia juga menambahkan, nantinya di bulan Februari 2021 mendatang, pihaknya akan melaksanakan pelatihan SAR di Kabupaten Kepulauan Aru dan melibatkan para nelayan dan unsur SAR lainnya seperti TNI AL, Polairud, Polres Aru, Sabandar dan BPBD Kepulauan Aru.

“Selain itu, dalam waktu dekat  (April) juga akan kami kirimkan kapal Ambimanyu untuk di perbantukan di Pos SAR Kepulauan Aru, karena disini (Aru red-) tingkat kecelakaan sangat tinggi,” ungkap Djunaidi.

Sementara Bupati Kepulauan Aru, Johan Gonga pada kesempatan yang sama menyampaikan terima kasih kepada Djunaidi selaku Kepala SAR Ambon atas kunjungannya di Kabupaten Kepulauan Aru.

“Pada kesempatan ini, saya ucapkan terima kepada Pa Djunaidi yang telah datang di Aru dan melakukan silaturahmi dengan kami Pemerintah Daerah disini,” ucapnya.

Dikatakan, tingkat kecelakaan laut di Kepulauan Aru sangat tinggi, sehingga sangat tepat Kantor SAR di dirikan di Dobo.

“Disini tingkat kecelakaan sangat tinggi dan hampir tiap bulan ada orang yang meninggal akibat kondisi alam, khususnya di laut Aru yang tidak bersahabat. Apalagi di Aru banyak kapal-kapal nelayan dari luar yang masuk untuk mencari,” katanya.

Untuk itu, dirinya sangat berterimakasih kepada SAR Ambon  yang telah bersedia bermarkas di Dobo, guna membantu pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru dalam mengantisipasi terjadinya kecelakaan laut maupun penanggulangan bencana alam lainnya. (S-25)