AMBON, Siwalimanews – Si jago merah ngamuk, satu unit rumah kosong milik Berty Diaz yang terletak di Jln Dr. Malaihollo Benteng RT.001/RW.05, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon ludes terbakar Rabu (18/5) dini hari.

Penyebab keba­kar­an diduga akibat korsleting arus lis­trik pada salah satua ruangan rumah.

Kasi Humas Pol­resta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Ipda Moyo Utomo kepada war­tawan menjelaskan, kebakaraan terjadi saat penghuni rumah sementara berada di Jakarta.

Kebakaran pertama kali diketahui oleh pedagang ayam lalapan Murty (42), saat itu saksi yang sementara berada didepan warung miliknya yang berjarak kurang lebih 20 meter dari rumah yang terbakar. Tiba-tiba saksi melihat adanya kobaran api kecil dan percikan api yang keluar  dari atap rumah tersebut.

Menyadari api mulai membesar, saksi langsung meminta tolong warga sekitar.

Baca Juga: Lantamal IX Latih 256 Mahasiswa Keperawatan UKIM

“Untuk memastikan saksi langsung mendekati rumah tersebut dan ternyata benar api sudah mulai membesar sehingga saksi langsung memanggil warga sekitar untuk memberitahukan kejadian terse­but,”jelas Moyo.

Warga yang melihat api mem­besar kemudian melapor ke pos Polisi Benteng, selanjutnya pos Benteng menghubungi pemadam kebakaran.

Tak lama berselang personil Polsek Nusaniwe  beserta 4 unit mobil Pemadam Kebakaran Kota Ambon tiba di TKP dan langsung bersama-sama memadamkan kobaran api di bantu warga. Kurang lebih 1 jam bergelut dengan api, api akhirnya  berhasil dipadamkan.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut mengingat kondisi rumah yang kosong.

Kerugian yang dialami hanya kerugian materil .

“Korban jiwa tidak ada karena posisi pemilik rumah sementara diluar kota, kerugian hanya kerugiab materil berupa satu unit rumah beserta isinya.

Untuk penyebab kebakaran diduga akibat hubungan arus pendek atau kosleting arus listrik yang terjadi dibagian plafon rumah,” tandasnya. (S-10)