AMBON, Siwalimanews – Kepala Dinas Sosial Provinsi Maluku Sartono Pinning minta kepada setiap pelajar untuk harus mewarisi jiwa patriotisme seperti yang ditunjukkan para pahlawan.

Permintaan itu disampaikan Pinning saat memimpin para pelajar SD dan  SMP berziarah Wisata ke Taman Makam Pahlawan di Kapahaha Tantui.

“Pahlawan-pahlawan yang sudah gugur dan berjuang demi negara perlu kamu teladani sikapnya,” pinta Pinning dalam wisata itu.

Menurutnya, seseorang dapat dikatakan sebagai pahlawan, karena memiliki beberapa sikap kepahlawanan, diantaranya rela berkorban, dalam hal ini rela berkorban adalah bersedia dengan ikhlas memberikan tenaga, harta, dan pemikiran untuk kepentingan orang banyak.

Sementara itu, ketua panitia pelaksana ziarah wisata, Neles Christi dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Jumat (18/6) menjelaskan, ziarah wisata ke TMP Kapahaha ini, awalnya direncanakan diikuti perwakilan pelajar dari SD dan SMP se- Kota Ambon.

Baca Juga: Warga Dusun Mahu Minta Direlokasi

“Namun, karena Kota Ambon masih berada dalam situasi Pandemi Covid 19, maka panitia pelaksana membatasi peserta ziarah dan hanya melibatkan pelajar SD dan SMP yang berdekatan dengan makam pahlawan,” ujarnya.

Sesuai dengan tema yang diangkat yakni Dengan Kegiatan Ziarah Wisata Kita Tingkatkan Rasa Cinta Tanah Air di Kalangan Siswa Siswi SD dan SMP Dengan Mengenal Sosok dan Perjuangan Para Pahlawan, kata Christi, anak-anak dibimbing untuk mewarisi jiwa patriotisme dan mengikuti jejak para pahlawan yang rela berkorban untuk bangsa dan negara.

“Selain mendapat bimbingan, ratusan pelajar peserta ziarah, juga dibawa keliling makam pahlawan, untuk melihat nama-nama pahlawan dan ornamen-ornamen yang terdapat dalam makam,” tandasnya.

Kegiatan ziarah wisata ke TMP Kapahaha ini juga tambah Christi tetap menerapkan protokol kesehatan, dengan mewajibkan peserta ziarah menggunakan masker dan menjaga jarak selama berada di areal makam pahlawan

Hesti Pelajar SMP yang mengikuti ziarah itu mengaku, sangat senang berziarah ke makam pahlawan, sebab kegiatan ini baru pernah diikutinya.

“Ini pertama kali saya diajak oleh guru mengkuti kegiatan ziarah, semoga kegiatan ini bisa berlanjut karena sangat bermanfaat, sebab kita bisa langsung melihat makam para pahlawan,” ucapnya. (S-51)