DOBO, Siwalimanews –  Untuk menyerap aspirasi dari daerah, maka Komisi I DPRD Maluku melakukan kunjungan kerja ke Kabuptaen Kepulauan Aru, Jumat (18/3).

Dalam kunjungan itu, Komisi I bertemu dengan Pemda Aru, guna mendengar masukan dan usulan serta keluhan untuk nantinya menjadi pembahasan Komisi I di DPRD Maluku.

Pertemuan yang berlangsung di lantai dua Kantor Bupati Aru itu dihadiri oleh Bupati Johan Gonga, Sekda Moh Djumpa, Staff ahli Bupati Aleks Tabela, Wakapolres Kompol. Yos Renyaan serta para pimpinan OPD dilingkup Pemkab Aru.

Sementara rombongan Komisi I DPRD Provinsi Maluku masing-masing Ketua Komisi I Amir Rumra, Benhur G Watubun, Tarcius Fatiolon, Frankois Orno, Alimudin Kolatfeka, Eddyson Sarimanella, serta Sekertaris Dinas Kominfo Provinsi Maluku, Erny Sopalauw.

“Saya berikan apresiasi atas niat baik dan atensi Komisi I yang mau berkunjung ke Aru dalam rangka mendengar dan menampung aspirasi dari Aru yang nantinya dimasukan sebagai agenda kerja DPRD untuk dilanjutkan dan diperjuangkan bersama-sama di Pemerintah Pusat,” ucap Bupati.

Baca Juga: DPRD Dukung Perjuangan Pemkab KKT Peroleh PI 5,6 Persen

Dalam pertemuan itu juga mitra Komisi I di Kabupaten Aru, menitipkan cukup banyak kebutuhan dan masalah yang harus diperjuangkan Komisi secara internal maupun secara kelembagaan di DPRD Maluku.

Diantaranya, Kuota CPNS Aru yang terbilang sangat sedikit, produk hukum daerah yang sering terkendala mediasi pemerintah provinsi, kerja sama komunikasi dan informatika di daerah, serta pengembangan Pulau Wokam sebagai rencana pusat pemerintahan baru, karena Pulau Wamar atau Kota Dobo sudah sangat padat penduduknya.

“Kami minta juga komisi untuk membantu mendorong rencana pengembangan Pulau Wokam masuk dalam RPJM Provinsi Maluku, sehingga menjadi perhatian serius pemprov dalam pengembangan Pulau Wokam,” pinta Sekda Aru Moh Djumpa.

Menurut sekda, Pemprov juga kiranya dapat membangun jembatan penghubung antara Dobo dan Wokam, sehingga separuh dari aktivitas pemerintah maupun masyarakat, bisa dialihkan ke pulau ini.

“Kami sudah bangun Kampus disana, hanya saja akses kesana masih sangat terbatas, untuk itu, kami berharap Komisi I bisa bantu dorong pengembangan pulau ini, mungkin kedepan bisa bangun jembatan penghubung Dobo dan Wokam, sehingga kalaupun ibu kota kabupaten belum bisa kita alihkan kesana, tetapi paling tidak sebagian dari aktivitas pemerintah maupun masyarakat bisa kita alihkan kesana,” ujar Sekda.

Pada kesmepatan itu, Sekertaris Dinas Kominfo Provinsi Maluku, Erny Sopalauw meminta Pemda Aru untuk mendorong peningkatan anggaran pada Dinas Kominfo di kabupaten dan melakukan kerja sama dengan TV Kabel di Dobo, sehingga dapat mengembangkan akses komunikasi dan informasi sampi ke kecamatan-kecamatan yang ada di Kepulauan Aru. (S-25)