AMBON, Siwalimanews – Ketua DPRD Provinsi Maluku Lucky Wattimury mengingatkan seluruh umat Muslim dan umat Kristen di Maluku untuk tetap menjaga semangat salam sarane dibumi raja-raja Maluku.

Hal ini disampaikan Wattimury saat menyerahkan hewan qurban berupa satu ekor sapi kepada umat Muslim yang diterima langsung oleh imam besar Masjid Al Fatah, RR Hasanusi, Rabu (6/7).

Wattimury yang didampingi sejumlah anggota DPRD mengatakan, sebagai wakil rakyat DPRD wajib berpartisipasi untuk menyerahkan hewan kurban di setiap perayaan Idhul Adha.

Selain nilai-nilai agama yang diutamakan, tetapi kebersamaan bagi orang Maluku merupakan sesuatu yang sangat baik yang mestinya tetap dipelihara dalam kondisi apapun.

“Orang tatua ajar katong salam dan sarane, salam tanpa sarane bukan salam dan sarane tanpa salam bukan sarane, ini bukan hanya kata, tapi harus dibuktikan dalam seluruh aktivitas keagamaan,” ujar Wattimury.

Baca Juga: Rahakbauw Minta Penambahan Kuota IPDN bagi Maluku

Menurutnya, jika umat Muslim berhasil dan sukses melaksanakan Idhul Fitri, maka Idhul Adha pun harus sukses dilakukan, karena momen ini adalah kesempatan yang Tuhan berikan untuk semua masyarakat mensyukuri berkat yang diberikan.

“Kalau DPRD Provinsi Maluku memberikan hewan kurban, maka ini adalah wujud dan tanda syukur atas hidup yang Tuhan berikan dalam melakukan tugas-tugas kedewanan,” ungkap Wattimury.

Wattimury berharap, dengan doa dari seluruh umat Muslim yang merayakan Idul Adha 1443 Hijryah dapat memberikan kekuatan bagi pimpinan dan anggota DPRD dalam melakukan tugas-tugas sebagai wakil rakyat.

Sementara itu Imam Besar Masjid Al Fatah, RR Hasanusi memberikan apresiasi terhadap lembaga DPRD Provinsi Maluku yang tetap berpartisipasi dalam setiap hari raya kurban.

“Mewakili semua umat Muslim kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi bagi DPRD Maluku yang telah menyerahkan satu ekor hewan kurban,” ujar Hasanusi.

Hasanuddin berjanji hewan kurban yang diberikan akan disembelih dan dibagikan kepada umat Muslim yang akan merayakan Idhul Adha nantinya.(S-20)