Senin Aktivitas Sekolah Kembali Normal  

AMBON, Siwalimanews – Aktivitas sekolah dipastikan pada senin (7/10) akan kembali berjalan normal, pasca gempa dengan magnetudo 6,8 SR yang melanda Kota Ambon pada Kamis (26/9) kemarin.

Kepastian ini telah disampaikan Walikota Ambon Richard Louhenapessy kepada seluruh kepala sekolah di kota ini. Instruksi ini dikeluarkan walikota lantaran  sampai saat ini masih ada banyak sekolah yang belum melakukan aktivitas dengan baik, karena masih ada orang tua yang belum mau anak-anak mereka masuk sekolah dan bahkan ada bangunan sekolah yang rusak.

“Memang banyak anak-anak masih trauma dengan gempa yang kemarin, makanya saya biarkan saja sekolah-sekolah mau masuk setengah hari atau tidak belajar, namun  Senin (7/10) seluruh sekolah harus bisa aktif kembali,” tegas walikota dalam rapat koordinasi penangan bencana yang berlangsung di Maluku City Mall (MCM), Rabu (2/10).

Menurutnya, para orang tua tak perlu lagi khawatir, sebab kondisi saat ini sudah semakin aman, walaupun masih ada gempa susulan, tapi dari BMKG menyatakan sudah aman namun tetap harus waspada.

Saat gempa kemarin terjadi banyak anak-anak sekolah yang harus berlari keluar sekolah sendirian tanpa didampingi guru, untuk itu, kedepan pemkot akan membuat satu paduan sehingga ketika terjadi bencana para siswa di sekolah tak perlu panik.

“Kemarin waktu gempa, saya dapat laporan, ketika terjadi gempa anak-anak sekolah lari sendiri, sedangkan guru yang harus lindungi mereka selamatkan diri sendiri. Makanya saya bilang, ini perlu ada panduan kedepan sehingga ketika ada bencana bisa teratur dan tak perlu panik,” tuturnya.

Selain itu, kata walikota, bangunan sekolah juga perlu dibangun pagar keluar, sehingga ketika ada bencana dan lainnya, bisa melewati berbagai pintu. Sekolah tanggap bencana yang selama ini dilakukan pemkot juga, perlu ditingkatkan.

“Kejadian ini juga perlu jadi bahan evaluasi, sebab ternyata ketika pelatihan berjalan dengan baik, namun ketika gempa terjadi semuanya tidak berjalan sesuai dengan yang diajarkan,” cetusnya. (S-40)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *