NAMLEA, Siwalimanews – Guna menyempurnakan rencana kerja, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku mengelar forum organisasi perangkat daerah yang dipusatkan di Kota Namlea.

Sejumlah narasumber dihadirkan dalam forum OPD tersebut seperti Kepala Biro Perencanaan Kementerian Perdagangan, Perdagangan Philipina, Kabag Program Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian, kadis perhubungan maluku hingga Kepala Bappeda Maluku.

Penjabat Bupati Buru Djalaludin Salampessy dalam sambutan mengatakan forum OPD merupakan forum musyawarah bersama antar pelaku pembangunan untuk membahas prioritas kegiatan pembangunan yang berhubungan dengan fungsi, program kegiatan sektor atau lintas sektor yang tata cara pelaksanaannya dilakukan oleh OPD.

Jadi forum ini membahas rencana kerja dengan menggunakan prioritas program/kegiatan yang dihasilkan oleh Musrenbang OPD kabupaten kota sebagai bahan untuk menyempurnakan rancangan renja-OPD Disperindag Maluku tahun 2024,” katanya.

Selain itu forum ini juga bertujuan untuk menyatukan persepsi antara Dinas Perindag Provinsi dan Dinas Perindag kabupaten kota dalam rangka penyusunan perencanaan tahun 2024.

Baca Juga: Pemekaran Tenggara Raya Kembali Diwacanakan

Sejalan dengan Tematforum OPD yakni optimalisasi sinergitas antar provinsi dan kabupaten kota se-Maluku guna memaksimalkan pembangunan melalui industri dan perdagangan melalui peningkatan ekonomi, penguatan sumber daya manusia dan konektivitas, ia berharap kegiatan ini menjadi penting untuk mendapatkan masukan.

Untuk diketahui, forum OPD ini berlangsung dua hari sejak tanggal 24-25 Februari itu dihadiri juga oleh forkopimda Buru, Ketua dan anggota DPRD Buru, Sekda Buru, kadis perindag kabupaten kota se-Maluku, pimpinan OPD, Kepala Kantor Kementerian Agama Buru. (S-15)