AMBON, Siwalimanews – Pasca mengalami kerusakan parah beberapa waktu lalu, ruas jalan trans seram, yang menghubungkan wilayah Piru dengan Kecamatan Taniwel, Kabupaten Seram Bagian Barat, kini telah kembali berfungsi.

Kepastian ini disampaikan Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Maluku M Hatta Hehanussa kepada Siwalimanews, Kamis (201/) setelah melakukan koordinasi dengan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Maluku.

Setelah mendapatkan laporan dari masyarakat, pihaknya langsung menindaklanjuti dengan berkordinasi dengan BPJN XVI agar ditanggani segera.

Terhadap laporan itu, BPJN Wilayah Maluku langsung menurunkan tim ke lokasi untuk segera memperbaiki kerusakan jalan serta menyelidiki penyebab kerusakan pada ruas jalan yang telah menyebabkan lumpuhnya arus lalu lintas dari Piru menuju Taniwel tersebut.

“Rabu sore kemarin ruas jalan utama tersebut sudah berfungsi, setelah tim Satker dan PPK BPJN bergerak cepat untuk melakukan perbaikan atas kerusakan itu,” ujar Hehanussa.

Baca Juga: Tolak Laporan Warga, Oknum Polisi Dilaporkan ke Polda Maluku

Menurutnya, laporan sementara yang diterima pihaknya, jika kerusakan jalan tersebut, akibat adanya intensitas hujan yang tinggi di wilayah Pulau Seram beberapa hari terakhir, dimana pada kerusakan ini, ditemukan ada enam segmen lokasi patahan pada ruas jalan tersebut, yang menyebabkan jalan nasional ini ambruk.

BPJN Maluku, sementara meneliti lebih dalam penyebab utama patahan pada ruas jalan tersebut lewat Bintek, untuk dikeluarkan rekomendasi penanganan berdasarkan tinjauan geologi, agar menjadi masukan kepada pihak konsultan perencanaan P2JN tahun 2022.

“Sebagai Wakil rakyat dari SBB, kami berterima kasih kepada Kepala BPJN dan tim yang sudah bergerak cepat untuk penanganan kerusakan jalan ini, tindakan cepat yang dilakukan kepala balai dan tim ini harus terus dipertahakan dan ditingkatkan sebagai bentuk prestasi melayani masyarakat yang cepat dan tepat,” tandansya. (S-50)