AMBON, Siwalimanews – Sekretaris Kota Ambon, Agus Ririmase optimis jabatan yang masih kosong di empat negeri segera terisi dengan raja definitif

“Dalam waktu tiga empat bulan kedepan, empat Negeri di Ambon sudah memiliki Raja definitif,” janji sekot usai rapat dengar pendapat dengan DPRD di ruang Paripurna Utama DPRD Kota Ambon, Selasa (7/6)

Menurutnya rapat tersebut membahas soal neger-negeri yang belum memiliki raja seperti  Negeri Naku, Hative Besar, Seilale dan Amahusu.

“empat Negeri ini, telah disepakati akan diselesaikan dalam tiga empat bulan kedepan. Sementara untuk Negeri lainnya, akan disesuaikan. Tetapi nanti kita lihat, kalau Negeri lain sudah bisa, itu kita akan sertakan dalam 3-4 bulan kedepan juga,” ujarnya.

Prinsipnya dalam tahun ini kata sekot semuanya harus selesai. Batu Merah, informasinya ada yang sudah menang, maka pemerintah akan ambil langka untuk lantik.

Baca Juga: Walikota Cabut Kebijakan Yang Ditinggalkan RL

“Kalau mau gugat lagi silakan, yang penting jangan ada kekosongan,”jelasnya.

Intinya, lanjut sekot, saniri negeri harus satu, netral. Demikian juga penjabat raja pada masing-masing negeri, harus serius sehingga didukung pula dengan partisipasi masyarakat. Maka semuanya akan berjalan lancar.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon, Jafri Taihuttu menjelaskan, bahwa rapat yang menghadirkan Sekot, Kabag Pemerintahan, lima camat, penjabat Negeri Seilale bersama ketua saniri, penjabat Amahusu dan saniri, penjabat Naku dan saniridan penjabat Hative Besar dan saniri untuk memuluskan tugas-tugas kemitraan dengan Pemerintah Daerah terkait pemilihan nanti. “Kemarin ketika pilkades, jalan secara baik. Setelah selesai maka yang menjadi konseren komisi itu untuk pilraja. ini jalan,” ungkanya.

Ia mengaku pada Jumat nanti, raja Latuhalat akan dilantik dan butuh 1 bulan untuk proses raja Urimessing.

Dalam rapat itu juga diketahui apa yang menjadi problem pada Negeri. Tarik menarik di saniri negeri walaupun sudah ada keputusan saniri negeri, tetapi juga terjadi tarik menarik di mata rumah parentah.

Menurutnya sda satu mata rumah yang punya satu atau dua calon bahkan lebih, itu yang menjadi konseren.  Oleh karena itu, DPRD minta pemerintahan untuk segera buat skenario 3 bulan kedepan untuk mencapai pimpinan definitif. “Misalnya, kami minta ke penjabat dan Sekot, kami undang 9 Saniri negeri dan mata rumah, lambatnya dimana. Supaya target itu bisa berjalan secara baik,” ujarnya.

Taihuttu menambahkan Naku sudah 28 Tahun tidak ada pimpinan definitif, oleh karena itu, kita memberi atensi khusus untuk Negeri-Negeri agar semaunya bisa tuntas. (Mg-1)