NAMROLE, Siwalimanews – Pemerintah Kabupaten Bursel tetap optimis akan menyandang predikat opini wajar dengan pengecualian (WDP) untuk laporan keuangan tahun 2019 oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Kami ingin laporkan bahwa hasil kemarin dengan BPK kurang lebih tiga hari kemarin itu kami sudah mengkalarifikasi semua temuan,” ucap Sekda Bursel, Iskandar Walla saat melakukan audiens dengan Tim Pansus Covid DPRD di ruang sidang utama DRPRD, Selasa (23/06).

Dijelaskan, dalam pertemuan dengan BPK itu, selaku sekda ia bertindak sebagai Ketua Tim Anggaran pemkab, sekaligus untuk menyelesaikan temuan sementara dari BPK.

“Saya datang itu selaku Ketua Tim Anggaran pemkab sekaligus atas nama pemkab untuk mengklarifiksi semua temuan sementara, karena terhitung Selasa (23/6) ini mereka sudah mengclearkan semua temun-temuan itu,” jelas sekda.

Jika tak ada halangan kata sekda, pada 29 Juni mendatang Pemkab Bursel akan menerima hasil laporan audit BPK terkait keuangan tahun 2019.

Baca Juga: TIM SAR Berhasil Temukan KM Aru Indah

“Sebagai informasi, Insya Allah tanggal 29 kita akan menerima laporan BPK terkait hasil pemeriksaan LKPD pemerintah daerah atau LPJ tahun 2019 dan insya Allah kita tetap keluar dari disclaimer dan masih di posisi WDP,” tandas sekda.

Menurutnya, pemkab sudah berusaha untuk menaikan status ke level WTP namun ada alasan-alasan yang mengganjal, sehingga belum bisa untuk meraih WTP. Walaupun demikian diharapkan nantinya semua dapat Fokus sehingga tahun depan Bursel dapat menggapai WTP.

” BPK sudah sampaikan beberapa saran terkait aset, ini sudah kami tampung dan kami juga sudah sampaikan bahwa kami terkendala masalah biaya dan nanti tahun depan baru dianggarkan,” ungkapnya.

Untuk diketahui, BPK RI Perwakilan Maluku telah memberikan opini WDP atas laporan keuangan Pemkab Bursel tahun 2018.

Penyerahan laporan hasil pemeriksaan keuangan Pemkab Bursel itu dilakukan Kepala BPK RI Perwakilan Maluku Muhammad Abidin yang diterima langsung oleh Sekda Bursel, Iskandar Walla dan Wakil Ketua DPRD Bursel Gerson E Selsily di Kantor BPK Maluku.

Penyerahan laporan hasil pemeriksaan keuangan Pemkab Bursel tahun 2018 ini sekaligus mengangkat derajat Pemda Bursel dari status disclaimer menjadi WDP. (S-35)