SEKRETARIS Daerah Kabupaten Maluku Barat Daya, A. Siamiloy  membuka kegiatan Pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Kabupaten Maluku Barat Daya, di Balai Desa Wakareli, Rabu (25/5).

Pencanangan BIAN  ini ditandai dengan Imunisasi Campak kepada 58 anak Sekolah Dasar Negeri  Wakarleli.

Bulan Imunisasi Anak Nasional   (BIAN) merupakan program yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan RI. Program ini untuk mengejar cakupan imunisasi rutin yang menurun signifikan akibat pandemi Covid-19 yang melanda selama 2 tahun terakhir.

BIAN adalah pemberian imunisasi tambahan campak-rubela yang diberikan untuk anak umur 9 bulan- 12 tahun serta melengkapi dosis imunisasi polio dan DPT HB-Hib yang terlewat bagi anak umur 12 bulan – 59 bulan.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah menyampaikan program yang dicanangkan oleh Kemenkes ini mengamanatkan Pemerintah Daerah untuk segera mengambil langkah-langkah prefentif untuk   melindungi anak-anak bangsa sebagai generasi muda dan penerus dari penyakit polio, rubela dan lain-lain.

Baca Juga: Noach: Masih Butuh Arahan dan Bimbingan BPK

Lanjutnya, program ini merupakan tanggung jawab semua pihak baik forkompimda, OPD, Para Camat, Kepala Desa  maupun masyarakat. ” Karena banyak ditemui di lapangan bahwa ada sebahagian masyarakat terutama ibu-ibu hamil yang tidak pernah ke posyandu untuk mendapatkan imunisasi yang berdampak juga pada anak-anak yang secara langsung tidak mendapatkan imunisasi. Untuk itu selaku aparatur pemerintahan patut berperan dan bertanggung jawab untuk memberikan pemahaman dan dorongan kepada masyarakat sampai ke dusun-dusun.  Dengan demikian kita akan mendapatkan generasi penerus yang sehat, cerdas dan tangguh terhadap berbagai penyakit. ” ucap  Sekda. (S-08)