AMBON, Siwalimanews – Sejumlah kepala sekolah menengah atas di Kabupaten Maluku Tengah, dipastikan dalam waktu dekat bakal diganti.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Maluku Ruslan Hurasan kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (31/5) menjelaskan, kepastian pergantian sejumlah kepala SMA dan SMK di Kabupaten Maluku Tengah ini disampaikan langsung Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Insun Sangadji.

Untuk Kabupaten Maluku Tengah, terdapat dua puluh kepala sekolah yang masuk dalam evaluasi tahap pertama yang dilakukan oleh tim penilai yang terdiri dari kepala dinas, sekda dan dewan pendidikan.

“Ada beberapa kepala sekolah yang sudah lama menjadi pantauan evaluasi dalam waktu dekat akan diganti di Maluku Tengah yang jumlahnya sekitar 20 kepala sekolah,” ungkap Hurasan.

Beberapa alasan yang menjadi dasar evaluasi par kepala sekolah kata Hurasan, diantarnya penggunaan dana bos yang bermasalah, laporan masyarakat dan masa jabatan yang sudah cukup lama yakni ada diatas 12 tahun.

Baca Juga: Ini Instruksi Pengdam ke Prajurit TNI di Buru

Pergantian para kepsek di Malteng dan beberapa daerah lain tersebut, dilakukan dalam rangka penyegaran sehingga menjaga suasana pendidikan di sekolah agar dinamika pendidikan pada masing-masing sekolah tetap terjaga.

Terkait dengan kepala sekolah di daerah lain Hurasan mengaku, hal itu akan masuk dalam evaluasi tahap-tahap selanjutnya, tetapi yang pasti Dinas Pendidikan Maluku akan melakukan evaluasi terhadap seluruh kepala sekolah. (S-20)