AMBON, Siwalimanews – Dalam upaya untuk mendukung pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) SD Negeri 39 Ambon bersama orang tua membantu siswa dalam proses pembelajaran online  dengan memberikan 3 buah HP android.

Pemberian baru dilakukan untuk  tahap pertama dengan memberikan kepada Valentina Hitijahubessy yang duduk di bangku kelas VI, Yakobis Makailopu kelas V dan  Maria Kelmaskosu di bangku kelas IV .

Kepala SDN 39 Ambon, Demas Supusepa  mengatakan, langkah ini merupakan kerjasama orang tua yang digagas oleh yayasan FPPKM sejak tahun 2020 .

Menurutnya kepedulian ini dilakukan sebab terjadi kesulitan saat belajar bagi orang tua yang belum bisa mengakomodir kebutuhan Android dalam pembelajaran lewat aplikasi.

Bayangkan saja, lanjut dia, jika kedapatan orang tua siswa mempunyai 6 orang anak namun orang tuanya  tidak bisa memenuhi kebutuhan dari anak-anaknya.Harus menunggu yang lain pakai dulu baru bisa digunakan sehingga pembelajaran susah untuk di laksanakan siswa tersebut.

Baca Juga: Hari Ini, Empat Balon Rektor UKIM Sampaikan Visi dan Misi

“Kalau soal  pembelajaran memang bisa digabung dengan teman namun kalau pada saat tes menggunakan aplikasi windows office 365 itu kan satu hp cukup untuk satu anak, makanya anak tersebut tidak pernah mengikuti tes,” ucapan kepada Siwalima melalui telepon seluler, Minggu (12/9).

Sebagai kepala sekolah, dia juga merasa terpanggil bersama orang tua untuk membantu mereka.

Selain itu, dirinya menyampaikan, SDN 39 Negeri Ambon juga terpilih sebagai sekolah yang mana kepala sekolah  terpilih sebagai kepsek penggerak bersama SD lainnya.

Dengan adanya hal itu maka ada dorongan dan motivasi dari sekolah bersama orang tua membantu siswa dalam kebutuhan belajar daring.

“Ini adalah bentuk partisipasi yang sangat baik dari orang tua dan sekolah  juga dan para donatur yang membantu.

Dirinya mengucapkan terima kasih untuk peran serta orang tua dalam membantu siswa.(S-51)