AMBON, Siwalimanews – Kebakaran besar melanda SD Inpres 54 Nania, Rabu (11/1) dini hari. Akibat kejadian itu, ruangan kepala sekolah berserta isinya berupa arsip-arsip penting milik sekolah ludes terbakar.

Kapolsek Baguala AKP Meity Jacobus kepada wartawan menjelaskan, berdasarkan keterangan Munarita Iriani (42) yang merupakan guru disekolah tersebut, kebakaran diketahui setelah ada teriakan warga sekitar, bahwa terjadi kebakaran di SD Inpres 54.

Saksi yang rumahnya tak jauh dari sekolah kemudian keluar untuk memastikan kebenaran dari teriakan warga yang ternyata benar telah terjadi peristiwa kebakaran.

“Setelah saksi melihat kobaran api, saksi menelepon wakil kepala sekolah yakni Ibu Iriani Ode untuk memberitahukan hal tersebut,” ucap kapolsek.

Lantaran sulitnya sumber air menurut kapolsek, membuat warga sekitar kewalahan untuk memadamkan kobaran api. Namun berselang beberapa saat atau tepat Pukul 00.30 Wit 4 unit mobil pemadam kebakaran milik Pemkot Ambon tiba di TKP.

Baca Juga: Ini Kronologis Siswi SD yang Nyaris Jadi Korban Penculikan

“Kurang lebih 1 jam, api akhirnya berhasil dipadamkan sebelum merembet ke bangunan lain diarea sekolah,” ujar kapolsek.

Walaupun demikian, kapolsek mengaku belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran. Dalam insiden ini juga tidak menimbulkan korban jiwa, sementara kerugian yang dialami hanya kerugian materil berupa 1 bagunan kepala sekolah beserta isinya yang juga didalamnya berisi arsip penting sekolah.

“Penyebab kebakaran belum dapat dipastikan, untuk itu perlu dilakukan penyelidikan lebih lanjut, kalau dari suara warga yang berada di dekat TKP yang menyebut jika api berasal dari arus pendek, maka dengan begitu lampu listrik pada bangunan tersebut akan padam, namun pada saat kebakaran listrik pada bangun tersebut sempat menyala,” tandas kapolsek.(S-10)