AMBON, Siwalimanews – Pengamanan tempat karantina Badan Peng­embangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Maluku tak maksimal. Alhasil, satu orang yang diduga terpapar Virus Corona kabur, Sabtu (6/6) pagi.

Warga Kelurahan Wai­haong, Kecamatan Nusa­niwe berinisial TT itu ka­bur sekitar pukul 06.30 WIT. Ia berstaus pasien da­lam pengawasan (PDP).

Perempuan 60 tahun ini bisa kabur, karena penjagaan tidak ketat. Sehingga ia berhasil kembali ke rumahnya.

Ketua Harian Gugus Tugas Per­cepatan Penanganan Covid-19 Ma­luku, Kasrul Selang yang dikon­fir­masi Siwalima, membenarkan, ka­lau TT keluar dari tempat karantina.

“Sebenarnya yang bersangkutan tidak kabur, lebih tepatnya antua kangen par tete, sehingga kembali ke rumah,” ujar Kasrul.

Baca Juga: Hari ini 13 Pasien Asal Ambon Sembuh

Kasrul mengaku, TT sudah kem­bali ke BPSDM untuk menjalani perawatan. “Yang bersangkutan su­dah kembali untuk menjalani perawatan,” ujarnya.

Kejadian kaburnya TT, kata Kas­rul, akan menjadi bahan evaluasi Gugus Tugas penanganan Covid-19 Maluku. “Ini menjadi bahan evaluasi kita kedepan agar keja­dian seperti ini tidak terulang lagi,” tandasnya.

Karsul juga tidak menjelaskan secara detail kronologis TT melari­kan diri dari loksi karantina di BPSDM. Yang terpenting, kata Kas­rul, TT sudah kembali ke tem­pat karantina. “Beliau sudah kem­bali dan akan menjadi evaluasi kita kedepan,” ujarnya lagi. (S-39)