AMBON, Siwalimanews – Satuan Polisi Pamong Praja melakukan sidak masker pada sejumlah penjualan makan berbuka puasa (Takjil) di Depan Masjid Al-Fatah maupun di Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

Langkah ini dilakukan, untuk memas­tikan seluruh warga menggunakan masker sesuai dengan himbauan pemerintah dalam upaya mencegah penyebaran virus Covid-19.

Namun sayangnya, janji untuk melak­sanakan pengawasan di sejumlah toko, swalayan dan mall belum dilakukan.

Kepala Satpol PP Josias Loppies me­ngakui,  tim yang telah dibentuk oleh gugus tugas untuk mengawasi penggunaan masker di kalangan masyarakat Kota Ambon telah dilakukan dan telah berjalan.

“Jadi memang sudah di bentuk, dan kita sementara fokus ketempat penjualan takjil itu, ini nanti sore kita akan meng­awasi warga masyarakat Kota Ambon yang akan berbelanja makanan berbuka di tempat-tempat penjualan takjil,” akui­nya saat diwawancarai Siwalima melalui telepon selulernya, Senin (27/2).

Baca Juga: Pasien Terkonfirmasi Positif Corona Bertambah

Ia mengungkapkan, pihaknya telah melakukan pengawasan selama 2 hari di tempat penjualan takjil. Pengawasan ini dilakukan mengingat tempat tersebut di pinggir jalan sehingga perlu ada penga­wasan, khusus untuk memantau setiap masyarakat yang datang dan yang tidak menggunakan masker.

“Sudah dua hari ini kami lakukan peng­awasan di di tempat pembelian takjil. Ini kan merupakan jalan umum, juga kami awasi masyarakat dan penjual yang tidak menggunakan masker. Sejauh ini masih ada masyarakat yang kedapatan masih belum menggunakan masker, namun da­pat langsung di tangani,” ungkap Loppies.

Ketika ditanyakan terkait pengawasan ditempat umum lainnya. Loppies mene­gas­­kan bahwa untuk saat ini, perintah telah diberikan kepada Disperindag, hanya saja pihaknya masih fokus dengan tempat penjualan takjil, sehingga belum ada konfirmasi lanjutan antara pihaknya dan dinas terkait.

Sumbang Masker

Pemkot Ambon mendapat sumbangan masker kain sebanyak 1.600 Pcs dari PT. Indomacro Prismatama  yang diterima langsung oleh Sekertaris Kota Ambon Anthony Lattuheru.

Denta Yuliansa mewakili Indomaret mengungklapkan, pihaknya memberikan masker kain sejumlah 1600 kepada Pem­kot Ambon, guna untuk membantu mena­nggulangi wabah Covid-19 yang saat ini sedang di alami oleh warga Kota Ambon.

“Jadi hari ini kami PT. Indomarco Pris­tama memberikan bantuan masker sejum­lah 1600 yang dapat di cuci kembali untuk pemerimtah Kota Ambon sebagai bentuk kepedulian kami untuk membantu peme­rintah dalam menanggulangi pencega­han penyebaran Covid-19,” katanya.

Yuliansa berharap, pemberian masker ini dapat berguna bagi pemerintah secara khusus dan bagi masyarakat.

Sekot Ambon, Anthony Latuheru yang menerima bantuan tersebut mengatakan, ini merupakan kepedulian Indomaret terutama bagi warga kota Ambon, yang saat ini berada di zona pandemi.

Pemkot akan menyalurkan bantuan masker tersebut  sesuai dengan kebu­tuhan untuk digunakan di gugus tugas atau juga diserahkan kepada masyarakat lainnya yang sampai hari ini belum mendapatkan masker. (Mg-6)