AMBON, Siwalimanews – Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat, maka personel Satuan Polisi Pamong Praja Kota Ambon, menggelar bhakti sosial dalam bentuk membersihkan masjid dan gereja, Jumat (25/2).

“Selama ini satpol PP diidentikkan dengan pasukan penertiban PKL atau mereka yang melanggar perda, namun kita juga melakukan kegiatan bersih-bersih rumah ibadah, terutama Masjid dan Gereja,” ucap Kasatpol PP Kota Ambon Josias Lopies kepada wartawan disela-sela kegiatan tersebut.

Menurutnya, bhakti sosial berupa membersihkan rumah ibadah ini, bertujuan untuk menghilangkan image Satpol PP yang selama ini ada di masyarakat.

“Kita Satpol PP dikenal dengan arogan ataupun kekerasan, nah kita hilangkan dengan cara bakti sosial ini,” ucapnya.

 

Baca Juga: Residivis Narkoba Jaringan LP Cipinang Diciduk

Selain bersih-bersih rumah ibadah Lopies juga mengaku, Satpol PP juga akan melaksanakan aksi donor darah dan serbuan vaksinasi bagi warga yang belum melaksanakan vaksinasi.

“Untuk vaksinasi dan donor darah sendiri akan kita laksanakan pada awal Maret nanti di tribun Lapangan Merdeka. Kegiatan donor darah, dan vaksinasi nantinya itu dalam rangka momentum HUT Satpol PP Ke-72 tahun ini, dan Satlimas ke-60, yang jatuh pada 3 Maret nanti,” jelasnya.

Ia mengaku, untuk kegiatan bersih-bersih rumah ibadah ini, dilakukan oleh personel gabungan antara Satpol PP Kota Ambon dan Provinsi Maluku.

“Untuk Kota Ambon yang terlibat dalam kegiatan bersih-bersih rumah ibadah ini sebanyak 60 personel dan dari provinsi 100 personel. Sementara Masjid dan Gereja yang dibersihkan di kawasan Desa Nania, Kecamatan Teluk Ambon,” urainya.

ia berharap, kegiatan bakti sosial ini tidak hanya berhenti sampai disini, namun kedepan akan dilakukan secara berkelanjutan sesuai dengan waktu yang ada.

“Memang kegiatan bakti sosial ini sudah menjadi harapan kita agar bisa dilakukan setiap waktu, atau pas ada momen, sehingga kita bisa hilangkan citra kita sebagai pasukan yang arogan, kasar dalam menertibkan PKL,” cetusnya. (S-21)