DOBO, Siwalimanews – Satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) khususnya se-Keluarahan Galay Dubu mengikuti sosialisasi peningkatan kerjasama aparat keamanan sekaligus memperoleh teknik pencegahan kejahatan.

Kegiatan yang digagas pihak Kecamatan Pulau-pulau Aru ini dipusatkan di salah satu restoran ternama di Kota Dobo, Selasa (24/2).

Camat PP Aru dalam sambutannya yang di bacakan Sekcam A. Tiwery mengatakan, berdasarkan UU RI Nomor: 2 Tahun 2002 tentang Kepolislan RI diamanatkan bahwa, hubungan kerjasama kepolislan dengan lembaga pemerintah, dapat dilakukan dalam bidang operasional, teknik pendidikan dan pelatihan.

Selain itu, dalam Permendagri Nomor: 42 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Peningkatan Kapasitas Anggota Satlinmas bertujuan untuk menambah pengetahuan, ketrampilan, pembentukan sikap dan perilaku anggota, meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan tugas, membantu penanganan bencana, keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan, serta upaya pertahanan negara.

”Dasar inilah, Kelurahan Galay Dubu menggelar sosialisasi peningkatan kerjasama dengan aparat Polsek Pulau-Pulau Aru untuk teknik pencegahan kejahatan, yang diikuti oleh anggota Satlinmas,” ujarnya.

Dalam rangka meningkatkan kapasitas anggota Satlinmas kata dia, perlu diadakan peningkatan kerjasama dengan aparat keamanan.

Pasalnya, di tahun ini, akan dilaksanakan pilkada yang mana situasi politik akan meningkat yang bisa menyebabkan kerawanan dalam keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat.

“Olehnya, sangat diharapkan adanya pencegahan sehingga tidak terjadi gangguan keamanan ketentraman dan ketertiban dilingkungan masyarakat melalui peningkatan Siskamling,” ucapnya.(S-25)