AMBON, Siwalimanews – Anggota DPRD Maluku asal dapil Kota Ambon Edison Sarimanella mengingatkan Dinas PUPR untuk tidak tutup mata dan memperhatikan kondisi talud penahan air pada kali Waiyori di Desa Passo, Kecamatan Baguala.

“Menyangkut talud yang ada di kali Waiyori sudah kami minta Dinas PUPR dan Balai Sungai untuk memperhatikan persoalan disana,” ungkap Sarimanella, kepada Siwa­lima, usai melakukan reses di Desa Passo, Minggu (16/5).

Menurutnya, saat ini kondisi talud penahan air kali Waiyori sudah sangat memprihatinkan, dimana pada beberapa bagian badan talud telah mengalami kerusakan yang cukup parah.

Kondisi kerusakan ini, telah terjadi sejak dua tahun lalu, namun belum ada tindakan nyata dari pemerintah daerah baik itu PUPR maupun Balai Sungai.

Akibatnya, pada musim penghujan seperti yang sementara melanda Kota Ambon saat ini, debit air mengalami peningkatkan dan akhirnya terjadi luapan air yang menggenangi rumah warga dan membuat kepanikan di masyarakat.

Baca Juga: Warga Hualoy-Tomalehu Baca 1.080 Juz Alqur’an

“Coba bayangkan curah hujan saat ini begitu tinggi  akibat terjadi luapan dan membuat masyarakat sekitar kali Wayori jadi panik,” ujar Sarimanella.

Politisi Partai Hanura ini mene­-gaskan, jika tidak ada keberpi­hakan dari Dinas PUPR maupun Balai Sungai, maka kedepan dengan curah hujan yang begitu tinggi akan mengakibatkan ratusan rumah warga terendam dan masya­-rakat akan menjadi korban. (S-50)