AMBON, Siwalimanews – Anggota DPRD Provinsi Maluku dapil Kota Ambon, Edison Sarimanella, mengingatkan Dinas PUPR Maluku untuk memperhatikan kualitas pembangunan drainase di Kota Ambon.

Peringatan ini disampaikan Sarimanela kepada Siwalimanews, Selasa (23/11), merespon kejadian banjir yang terjadi pada kawasan Jalan AY Patty, pada Senin kemarin.

Menurutnya, drainase berfungsi untuk mengaliri air ke laut, namun sangat disayangkan, jika pembangunan drainase, justru menimbulkan persolan baru yang merugikan masyarakat umum.

“Drainase itu kan penting, tapi kalau pembangunan menimbulkan persoalan baru, maka lebih baik tidak perlu dilakukan,” tegas Sarimanela.

Menurutnya, dengan adanya persolaan banjir yang terjadi di kawasan AY Patty, maka Dinas PUPR bertanggung jawab dan wajib harus memperhatikannya, sebab Kota Ambon dengan sistim pengairan yang tertata dengan baik dengan konstruksi yang begitu baik tidak terjadi banjir seperti ini.

Baca Juga: APBDP Buru tak Lagi Dibahas di DPRD

“Kalau sekarang dengan adanya pembangunan infrastruktur yang sangat pesat ini, maka perlu dilakukan pembaharuan terhadap drainase, tapi Jangan hanya bangun lalu menimbulkan persoalan baru lagi,” ujar Sarimanella.

Apalagi kata Sarimanella, anggaran yang dialokasikan cukup besar, sehingga harus dilakukan dengan baik, agar supaya masyarakat mendapatkan manfaatnya, bukan sebaliknya merugikan masyarakat.

Secara teknis persolaan ini lebih diketahui oleh Dinas PUPR, karena itu Sarimanella minta Dinas PUPR Maluku untuk segera mengevaluasi proyek tersebut dan dicari solusi terbaik, agar kejadian seperti ini tidak terjadi terus menerus. (S-50)