AMBON, Siwalimanews – Kemacetan terjadi di sejumlah ruas jalan utama di Kota Ambon dikarenakan mimimnya ruang parkir, sementara Kota Ambon belum memiliki gedung parkir, atau taman khusus parkir.

Kepala Dishub Ambon, Robby Sapulette, kepada wartawan di Hotel Marina, Senin (7/6) kemarin mengaku minimnya ruang parkir membuat banyak kendaraan harus parkir ganda.

“Mengapa terus terjadi demikian, sementara aturan sudah ada, karena ini signalemen kalau kota ini sudah harus punya gedung parkir dan taman khusus parkiran,” ungkapnya.

Menurutnya, jumlah ke­-pe­milikan kendaraan meningkat, sehingga hal tersebut diakui telah men­-jadi salah satu kebu­tuhan mendasar bagi publik.

“Pertumbuhan ekonomi, kepemilikan kendaraan pribadi, aktivitas ekonomi bergerak, menjadi salah satu dasar kuat, bahwa kita di Kota Ambon sudah harus memiliki gedung parkir,” terangnya.

Baca Juga: Pemda Bursel Gandeng AMGPM Bersihkan Sampah

Sapulette mengaku masalah sekarang adalah belum adanya lahan yang akan diperuntukan untuk itu. Ada rencana pemerintah akan menggunakan pasar gotong royong.

“Rencana kita adalah mengunakan Pasar Gotong Royong, nanti kita jadikan sebagai gedung parkir. Yang penting kemampuan keuangan daerah cukup, otomatis kita akan bangun,” jelasnya. (S-52)