AMBON, Siwalimanews – Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Abdullah Asis Sangkala bersama Kapolda Maluku

Irjen. Pol. Baharuddin Djafar dan Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Agus Rohman menghadiri acara “Baku Dapa” masyarakat di Pulau Haruku, yang berlangsung di Baileo Aboru Asari Aman Lealohi Samasuru, Selasa (29/9).

Sepanjang pertemuan tersebut, Sangkala mendapatkan adanya keluhan masyarakat terkait buruknya infrastruktur jalan, rusaknya jalan serta terbatasnya akses untuk daerah lain.

Hal itu disampaikan oleh Upu Latu perwakilan Raja Pulau Haruku Rusdy Marasabessy. Ia meminta agar Sangkala sebagai wakil rakyat asal pemilihan Maluku Tengah dapat melihat dan membantu kondisi masyarakat di daerahnya.

“Selama 35 tahun, kami melewati jalan rusak, terjal, juram. Jalan menuju Pulau Haruku. Banyak putra Haruku selama 35 tahun menjabat sebagai aleg, namun pembangunan dan infrastruktur sangat terbengkalai. Jalan lingkar Pulau Haruku menuju Desa Aboru saat ini juga sudah rusak,” terangnya.

Baca Juga: Hari Ini, Pangdam dan Gubernur ke Aboru

Hal ini langsung ditanggapi Sangkala, dirinya mengatakan, dalam pembahasan anggaran dirinya telah menyampaikan ke Kepala Dinas PU Maluku ketika itu masih dijabat oleh Ismail Usemahu bahwa untuk jalan perbatasan di Pulau Haruku, diistilah orang kampung bilang jalan “Logah” dari dolo sampe sekarang ini.

“Dan Alhamduliilah atas kesepakatan kita bersama perjuangan juga oleh Kepala Dinas PU dan pak Gubernur dimasukkan dalam alokasi khusus tahun 2020 ini untuk hotmix, dan informasinya mereka sudah kerja, setelah dari sini kami akan melihat langsung proses pengerjaannya,” jelas Ketua DPW PKS Maluku ini.

Setelah bertemu masyarakat, Sangkala bersama Kapolda dan Pangdam menyempatkan mengunjungi talud dan Gereja Bethel yang sudah berusia 112 Tahun. Kepada Pangdam XVI Pattimura, Kapolda Maluku, serta pendeta, Sangkala berjanji akan membantu memberikan bantuan perbaikan talud serta bantuan pemenuhan kebutuhan gereja, yang dananya bersumber dari dana-dana pokok pikiran anggota dewan. Masyarakat berharap kesulitan di Pulau Haruku bisa menjadi perhatian wakil rakyat asal Fraksi PKS ini.

Sesampainya di sana Sangkala disambut hangat warga desa Aboru, dirinya menyampaikan, sudah seharusnya sebagai wakil rakyat berdiri di tengah-tengah masyarakat menjadi tanggung jawab moral untuk sampai di masyarakat, yang membutuhkan perhatian, khususnya pembangu­nan dan pelayanan pemerintah.

Sementara itu, sebagai pengayom masyarakat Kapolda Maluku Irjen. Pol. Baharuddin Djafar menyampaikan keamanan dan kenyamanan masyarakat di Aboru juga menjadi tanggung jawab TNI, bukan saja itu TNI, yang bertugas disana diarahkan untuk beribadah di gereja dan membangun kedekatan baik dengan masyarakat.

Sementara itu Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Agus Rohman menyampaikan, kedatangan dirinya bersama Kapolda dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku dari Fraksi PKS ini, Gubernur dan Walikota di berbagai daerah menjadi wujud masyarakat Maluku mendapatkan rasa aman, nyaman damai dan kesejahteraan yang semakin meningkat. (Cr-2)