AMBON, Siwalimanews – Wakil Ketua DPRD Maluku Asiz Sangkala mengaku, di tahun 2021 ini kinerja seluruh anggota DPRD akan dievaluasi.

Pasalnya, di tahun 2020 kemarin, banyak anggota DPRD yang belum melaksnakan  tugasnya dengan baik, sehingga perlu dievaluasi demi meningkatkan disiplin para wakil rakyat ini lagi di masa kerja berikutnya.

“Kami inginkan agar lembaga DPRD ini dapat memperkuat fungsinya,” tandas Sangkala saat memimpin paripurna penutupan masa sidang pertama tahun 2020-2021 dan pembukaan masa persidangan kedua tahun 2021, Jumat (15/1).

Dijelaskan, dalam fungsi legislasi, pastinya DPRD harus menjalankan fungsinya dengan baik, sehingga berbagai produk hukum yang sudah disampaikan oleh eksekutif merupakan hak inisiatif, bisa dikerjakan hingga selesai.

Di tahun 2021 ini, banyak perda yang akan ditetapkan, namun  tiga perda yang akan menjadi prioritas. keseluruhan perda yang menjadi program legislasi tahun ini akan diputuskan oleh DPRD.

Baca Juga: DPRD Berupaya Sahkan Ranperda Blok Masela

“Pekan depan kita akan koordinasi dengan Biro Hukum untuk tetapkan apa saja ranperda yang jadi prioritas untuk ditetapkan jadi perda dan menjadi program legislasi daerah tahun 2021, setelah itu kita berupaya secara disiplin untuk selesaikan ranperda tersebut.

Politisi PKS ini menambahkan, pada masa pandemi covid-19 disadari sungguh merupakan penyebab banyak anggota yang tidak bisa beraktivitas dengan baik, untuk itu diharapkan dimasa sidang berikutnya semua anggota bisa ada dalam tugas dan tanggung jawabnya sebagai wakil rakyat. (S-51)