AMBON, Siwalimanews – Wakil Ketua DPRD Maluku, Azis Sangkala mengatakan, DPRD akan fokus memantau

langsung pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA/MA yang akan digelar dalam waktu dekat ini.

“Kita akan lakukan pemantauan dan mudah-mudahan semuanya dapat berjalan juga dengan lancar. Ini yang paling penting berkaitan dengan UNBK yang akan dilakukan oleh SMA-SMA di Maluku, yang menurut jadwal akan dilakukan Senin mendatang,” jelas Sangkala kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (18/3).

Sangkala yang juga koordinator Komisi IV DPRD Maluku menjelaskan, dewan beberapa hari yang lalu melalui Komisi IV telah melakukan pemantauan di lapangan, selain itu juga lewat seluruh cabang Dinas Pendidikan di Maluku memantau dan mengevaluasi. Semuanya berjalan serentak dan lancar.

“Tentu karena SMK tidak terlalu banyak sehingga sepertinya, Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Pendidikan sudah sangat efektif melakukan kontrol pelaksanaan UNBK dimaksud,” tutur Sangkala.

Dikatakan, jika DPRD Maluku melalui komisi terkait akan melakukan pemantauan UNBK pada saat bersamaan, dengan kunjungan kerja dan pengawasan ke daerah.

“Komisi IV kemungkinan akan memantau di daerah tidak di kota Ambon lagi, dua lokasi yang sudah kita putuskan untuk kita akan pantau karena bersamaan juga dengan nanti kegiatan kunjungan kerja dan pengawasan yaitu di Kabupaten Seram Bagian Timur dan Kabupaten Maluku tengah,” tambahnya.

Menurutnya, DPRD Maluku melalui komisi terkait akan melihat secara langsung bagaimana kesiapan UNBK, dan juga lewat seluruh cabang dinas, serta DPRD juga akan evaluasi. Ini sangat penting karena suksesnya UNBK ini juga menjadi indikator mutu pendidikan di Maluku.

Pihaknya berharap, agar angka ke­lulusan Provinsi Maluku tahun ini dapat lebih baik dibandingkan de­ngan waktu-waktu yang lalu. (Mg-4)