WAKIL Ketua DPRD Maluku, Aziz Sangkala mendesak pihak aparat kepolisian untuk bergerak cepat dalam mengatasi penyebaran berita hoax dimedia sosial.

“Kita sudah sampaikan banyak hal kepada pihak Polda terkait dengan keluhan masyarakat terkait adanya berita hoax yang beredar di yang telah mencipta­kan ketakutan dan keresahan ditengah mas­yarakat,” ujar Sangkala kepada Siwalima, di Baileo Rakyat Belakang Soya, Kamis (27/1).

Ia mengaku, pihak Polda telah merespon cepat dengan melakukan take down terhadap berita-berita yang muncul di akun facebook maupun WhatsApp, yang tidak bertanggungjawab dan menciptakan keresahan.

Bahkan, terlihat juga sudah begitu banyak pemilik akun face­-book yang melakukan klarifikasi dan mengakui jika melakukan hoax dan ini suatu langkah maju yang dilakukan oleh kepolisian untuk menenangkan masyarakat ditengah kondisi saat ini.

“Seperti di Hualoi dan akun facebook yang dia mengikutkan masyarakat desa lain yang tidak tahu menahu dan langsung meminta maaf akan status facebooknya itu,” bebernya.

Baca Juga: DAK Turun, DPRD Minta Perhatian Serius Kementerian PUPR

Namun, Sangkala juga mendorong agar aparat kepolisian dengan perangkatnya agar bergerak lebih cepat lagi untuk mengatasi berita-berita hoax yang ada dimedia soal.

Selain itu, sudah mulai ramai berita-berita positif terkait permainan yang menghiasi grup WhatsApp maupun facebook termasuk himbauan pemda untuk menjaga keamanan dan ketertiban agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpancing hoax.

“Ini harus terus kita dorong agar masyarakat lebih yakin, bahwa masalah ini hanya merupakan masalah pada satu daerah yang sudah bisa dilokalisir dan ditangani oleh aparat kepolisian,” cetusnya.

Sangkala juga berharap warga lain dapat juga menyelesaikan konflik yang ada dan memastikan konflik ini tidak berkepanjangan apalagi menyebar ke daerah lain yang tidak ada sangkut pautnya dengan konflik ini. (S-50)