AMBON, Siwalimanews – Ketua DPRD Provinsi Maluku Lucky Wattimury minta kepada seluruh masyarakat Maluku untuk menjaga toleransi antar umat beragama saat men yambut bulan suci Ramadhan 1442 Hijriyah.

“Sudah menjadi tanggung jawab bersama kita untuk menjaga kemajemukan yang ada di bangsa ini, apalagi kita di Maluku, dari akar agar budaya kita sangat menjunjung tinggi kemajemukan itu, karenanya ketika kita saat ada dalam bulan suci Ramadhan, mariu kita jaga toleransi antar umat beragama,” himbau Wattimury kepada Siwalimanews, melalui telepon selulernya, Selasa (13/4).

Untuk itu, marilah saling mendukung satu sama lainnya agar ibadah puasa yang dijalani basudara umat Muslim di Maluku dapat berjalan dengan baikl sampai dengan menyabut datangnya Idul Fitri 1442 Hijriyah.

“Kita tahu dari aspek budaya kita orang Maluku yang dibilang krama lugu itu, lebih dikenal dengan Salam Sarane, kalau kita bilang Salam tanpa Sarane bukan Salam, begitupun, Sarane tanpa Salam bukan Sarane, jadi orang Maluku itu Salam Sarane,” ujarnya.

Untuk itu kata Wattimury, kewajiban masyarakat adalah saling mendukung saling menghormati dan saling menjaga ketika saudara-saudara Muslim masuk pada bulan suci Ramadan.

Baca Juga: Rumatoras Diperiksa di Lapas

“Saya minta kepada para tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, para pimpinan informal dalam masyarakat untuk bersama-sama menciptakan suasana yang tertib sejuk aman sehingga bulan Suci Ramadan bisa dijalankan dengan baik, oleh karena itu bagaimanapun juga suksesnya atau berjalannya dengan baik bulan suci Ramadhan, itu menunjukkan bahwa kita semua telah sukses melaksanakan kehidupan persaudaraan di Maluku ini,” ucapnya.

Wattimury juga mengingatkan bahwa, untuk menjaga keamanan bukan hanya menjadi tanggung jawab  TNI dan Polri atau tanggung jawab orang per orang, namun menjadi tanggung jawab bersama.

“Saya juga minta kepada aparat TNI dan POLRI untuk bisa mengambil langkah-langkah yang baik terukur untuk menciptakan suasana masyarakat yang tertib, sehingga mendukung sepenuhnya pelaksanaan bulan suci Ramadhan sampai dengan Idul Fitri nanti,” tutupnya. (S-51)