AMBON, Siwalimanews – Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku Melkianus Sairdekut, mengingatkan pemerintah provinsi untuk dapat memastikan ketersediaan sembako di pasar dengan baik.

Peringatan ini disampaikan Sairdekut kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Jumat (1/4) disaat umat Muslim akan memasuki bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah.

“Menjelang dan memasujki bulan suci Ramadhan 1443 hijriyah ini, kami mau ingatkan pemprov untuk wajib memastikan ketersediaan bahan pokok di pasaran dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat,” tegasnya.

Menurutnya, Pemerintah Provinsi Maluku harus tetap siaga dengan memastikan seluruh bahan pokok tersedia di pasaran dalam rangka mengendalikan harga, yang sewaktu-waktu dapat naik dengan tiba-tiba, akibat dari ketersediaan stok yang minim.

Apalagi, dalam setiap tahun mulai dari Ramadhan hingga Idhul Fitri, biasanya harga sembilan bahan pokok akan bergerak naik, seiring dengan peningkatan permintaan oleh masyarakat .

Baca Juga: Dua WBP Kembali Bebas, Ini Penjelasan Lapas Ambon

“Soal kesediaan stok pangan kalau tidak diantisipasi, maka akan terjadi masalah dipuncak perayaan hari keagamaan,” tandasnya.

Karena itu kata Sairdekut, Pemerintah Provinsi Maluku harus secara intensif mengontrol setiap distributor bahan pokok, agar tidak terjadi kelangkaan yang pada kahirnya akan membuat masyarakat menjadi resah dan terbebani.

Politisi Gerindra ini juga mengingatkan Pemerintah Provinsi Maluku untuk terus membangun sinergitas dengan pemkab/pemkot dalam rangka memastikan bulan suci Ramadhan hingga Idhul Fitri nanti berjalan dengan baik. (S-20)