Sabtu, Kodim 1506 Bedah Rumah Para Janda

Program Binter Terpadu

NAMLEA, Siwalimanews – Kodim 1506/Namlea melalui program pembinaan teritorial (Binter) terpadu melaksanakan bedah rumah milik warga yang tak layak huni khususnya para janda di Desa Waekasar, Kecamatan Waeapo, Kabupaten Buru yang rencananya akan dilaksanakan pada Sabtu (9/11).

Rencana program tersebut dipaparkan Dandim 1506/Namlea, Letkol Inf Azis Syarifuddin, dalam rapat rencana binter di Makodim Namlea, Kmais (7/11) yang dihadiri pimpinan OPD dilinkup Pemkab Buru terkait diantaranya, Kadis LH, M Adjie Hentihu, Kasatpol PP Karim Wamnebo, Plt Kadistan Buyung Nio, Pasie Ops, Kapten Inf Husen Malagapy, Pasiter, Iptu Inf Haris Tumenggung, Danramil Waeapo Kapten Inf Thamrin Batuatas, Kasie Ops Polres Pulau Buru AKP Paulus, serta para kades se-Kecamatan Waeapo dan Lolongquba.

Dalam rapat itu, Dandim juga memaparkan sejumlah item kegiatan dari Binter Terpadu yang bakal dikonsentrasikan pada sejumlah desa di Kecamatan Waeapo dan Kecamatan Waelata.

“Binter ini akan dilakukan serentak di seluruh wilayah kerja Kodim TNI AD termasuk Kodim 1506/Namlea,” ungkap Dandim.

Dandim mengaku optimis, kegiatan Binter di Kabupaten Buru akan berjalan lancar dan sukses, karena mendapat sokongan positif dari Pemkab Buru, Polres Pulau Buru dan masyarakat di daerah ini.

Desa Waekasar, ada sejumlah rumah masyarakat yang tak layak huni yang membutuhkan uluran dan bantuan pemerintah. Untuk itu, secara khusus ia telah berkoordinasi dengan Bupati Ramly Ibrahim Umasugi dan pemkab siap membantu mendanai perbaikan rumah-rumah masyarakat tersebut.

“Ada empat rumah yang sudah didata akan diperbaiki. Rumah ini dihuni ibu yang telah menjanda berusia di atas 70an tahun dan rumahnya saja masih berlantai tanah,” ucap Dandim.

Sesuai rencana kata Dandim, keempat rumah janda yang bakal dipugar ini mulai dilaksanakan pada Sabtu (9/11) dan selesai pemugarannya direncanakan sebelum 30 Nopember nanti.

Selain bedah rumah, Dandim juga menambahkan, rangkaian kegiatan lainnya dalam program ini diantaranya, pembinaan wawasan kebangsaan kepada masyarakat yang dipusatkan di Desa Savanajaya, serta kepada 350 anggota pramuka dalam perkemahan yang dipusatkan di Lapangan Desa Parbulu, Kecamatan Waelata.

Selain pembinaan wawasan kebangsaan, juga akan dilakukan ceramah dan pembinaan khusus kepada masyarakat untuk menangkal kegiatan radikalisme. Selain itu juga akan dilaksanakan pembersihan lingkungan dan penanaman anakan pohon serta pembangunan empat unit MCK. (S-31)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *