AMBON, Siwalimanews – Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (Rumkital) dr. F.X. Suhardjo Lantamal IX Ambon menrima dan memberi kesempatan bagi 18 mahasiswa strata satu (S1) Keperawatan Hein Namotemo Halmahera Utara menjalani praktek klinik dengan stase bahari, maritim dan kejiwaan.

Belasana mashasiswa ini diterima oleh Kepala Rumkital dr. F.X. Suhardjo Lantamal IX Letkol Laut (K) dr. Ali Setiawan,  yang diwakili Kabagkesla Kapten Laut (K) drg. Richard Tetelepta, Rabu, (18/9).

Kabagkesla Rumkital dr F.X. Suhardjo Lantamal IX pada kesempatan itu mengatakan, kali ini adalah gelombang kedua dari mahasiswa terdahulu yang sudah praktek di  bulan Juli kemarin.

“Kegiatan yang sama dengan sebelumnya yakni dilaksanakan di Rumkital dr. F.X. Suhardjo dengan stase bahari dan maritim serta pelatihan di RSKD Provinsi Maluku dengan stase jiwa,”.ujar Kabagkesla.

Dijelaskan, dalam kegitan kali ini, lebih dittitik beratkan pada asuhan keperawatan, yakni seputar materi tentang hal yang tidak terlepas dari pekerjaan seorang perawat dalam menjalankan tugas serta kewajibannya maupun peran dan fungsinya terhadap para pasiennya.

Baca Juga: Amahoru Diberi Rangkap Jabatan, Bupati Bakal Didemo

Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Budi Purwanto, menambahkan tujuan praktek klinik tersebut untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa mengaplikasikan teori yang didapatkan di bangku kuliah terutama pada kasus-kasus yang berhubungan dengan kecelakaan kelautan.

“Saya berharap agar seluruh mahasiswa mendapatkan pengetahuan sesuai dengan kompetensi yang diharapkan,”  pinta Danlantamal.

Danlantamal berharap, dengan dilaksanakan kegiatan pelatihan ini, mahasiswa mengerti dan memahami tentang praktek klinik dan  mampu merencanakan kegiatan yang dilakukan, serta dapat mempraktekkan langsung bahkan mengerti masalah kesehatan jiwa.(S-21)