AMBON, Siwalimanews – Ramly Umasugi berjanji mengembalikan kejayaan Partai Golkar di Maluku.

Hal ini ditegaskan Ramly da­lam orasi politiknya saat dek­larasi dirinya sebagai calon Ketua DPD Partai Golkar Ma­luku, di Swiss Bellhotel, Sabtu (29/2).

“Saya suatu ketika bertemu dengam Ketum dan berbicara terkait keterpurukan Partai Golkar di Maluku kemudian dalam pem­bicaraan itu, Ketum menantang saya untuk mengembalikan keja­yaan Partai Golkar di Maluku, saya bilang saya siap mengembalikan kejayaannya. Bagaimana caranya, menangkan dulu pilkada, menang Pileg maka kita menang Presiden. Itu langkah-langkah strategi dan langkah-langkah taktis yang harus kita lakukan,” tandas Ramly.

Menurut RU, sapaannya Golkar dengan semangat karya dan ke­karyaan namun saat ini mengalami kondisi yang sedikit terpuruk. Ini diakibatkan ada kelemahan yang harus dievaluasi sebagai bagian dari spirit bersama, spirit perjua­ngan kedepan.

“Dengan kondisi inilah yang  mendorong saya untuk mencalon­kan diri sebagai Ketua DPD Partai Golkar Maluku karena suatu sema­ngat untuk keprihatinan bersama Partai Golkar di Provinsi Maluku pasca momentum Pemilu, Pilkada maupun Pilkada Maluku,” ujarnya.

Baca Juga: Kapolda: Penjara Tempat Sadarkan Diri

Dengan menyadari bahwa Par­tai Golkar memiliki kader yang ada di semua jenjang tingkatan, maka RU akan melakukan konsolidasi secara total untuk kembali me­nemukan roh perjuangan.

“Golkar harus move on terhadap segala situasi. Dengan demikian, saya memiliki pengalaman panjang bagaimana memajukan Partai Golkar di Kabupaten Buru sehingga tradisi politik itu menjadi warna kuning, kalau orang bicara politik di Kabupaten Buru, orang identik pasti dengan Partai Golkar,” katanya.

Memberikan sentuhan kemanusiaan kepada masyarakat, kata RU, salah satu strategi untuk mengembalikan kejayaan Golkar.

“Hanya satu hal, saya perintahkan kepada seluruh kader Partai Golkar, kita melakukan sentuhan kemanusiaan pada semua jenjang, masyarakat kita dari kota sampai dusun membutuhkan pelayanan dan kasih sayang. Oleh karena itu, mari kita sentuh  mereka,” tandasnya.

Maluku dengan kondisi geografis dengan daerah kepulauan, lanjut RU, membutuhkan orang dengan leadership strong untuk dapat membangkitkan semangat.

“Golkar Harus memiliki energi baru untuk berjuang karena perjuangan kita kedepan, tentunya sangat berat,” tandasnya lagi.

Disamping itu, Golkar juga telah memiliki roadmap, atau peta perjuangan yang harus dilaksanakan dari desa sampai ke pusat.

“Itu hanya bisa tercapai kalau kita memiliki semangat dan motivasi, kita memiliki sinergitas dan kita kumpulkan kekuatan tanpa harus saling menciderai, tanpa harus ada saling menyikut dan tanpa harus ada saling gontok-gontokan dalam organisasi partai Golkar ini, karena itu saya yakin dari Buru sampai di tenggara jauh, dari Seram baik itu Seram Timur, Seram Barat, baik itu Malteng, Kota Ambon, Kota Tual, MBD, Malra dan sebagainya harus kita memberikan sentuhan, harus kita datangi,” kata Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Buru ini.

RU juga komitmen untuk memenangkan Pilkada serentak tahun 2020 di empat kabupaten. “Menjelang Pilkada di empat daerah di Maluku, Golkar telah memasang target kemenangan  dan dari empat kabupaten ini, kita akan menang di tiga kabupaten.

Ini target yang kita pasang sehingga arah kemenangan kita jelas,” katanya.

Menurutnya, Provinsi Maluku saat ini, dalam beberapa aspek penilaian makro untuk beberapa variabel masih tertinggal jauh dari harapan target pertumbuhan nasional.

Dirinya mencontohkan, dalam bidang pendidikan khusus sumber daya manusia,  Indeks Pembangunan Manusia (IPM) masih rendah karena tingkat literasi masyarakat masih rendah.

“Kaitannya dengan itu, maka kader-kader Golkar mesti berpikir apa kegiatan yang harus kita masukan, Golkar akademi, Golkar milenial. Katakanlah kader di suatu desa, suatu waktu berkolaborasi dengan dinas-dinas untuk membuat kegiatan yang dimotori oleh kader-kader Partai Golkar,” ujarnya.

Sebagai calon ketua DPD Partai Golkar Maluku, dirinya sangat menghormati senior-senior di partai berlambang pohon beringin, seperti Richard Louhenapessy.

“Saya juga menghormati senior-senior. Saya yang awalnya berdiskusi untuk mereka juga berkeinginan maju sebagai ketua DPD, saya menghormati pak Richard Louhenapessy sebagai senior saya yang memiliki pengalaman panjang, tentunya kita akan terus berkonsultasi meminta masukan-masukan maupun dari senior-senior Partai Golkar yang lainnya untuk sama-sama membangkitkan dan membesarkan Partai Golkar di Provinsi Maluku,” ujarnya.

RU menegaskan, setiap orang ada masanya dan setiap masa ada orangnya. “Ini masa kita, yang akan membuat lompatan baru dan membuat sejarah baru dalam memajukan Partai Golkar di Maluku. Kami berharap Partai Golkar mulai hari ini dan kedepan akan menjadi pilihan politik bagi warga Maluku dimanapun berada,” ujarnya.

Dalam deklarasi, juga dibacakan dukungan yang diberikan kepada RU sebagai calon ketua DPD masing-masing dari 10 DPD II, organisasi sayap, ormas yang mendirikan dan ormas yang didirikan.

Turut hadir dalam deklarasi tersebut, pimpinan dan anggota Fraksi Partai Golkar kabupaten/kota dan Provinsi Maluku, serta kader dan simpatisan Partai Golkar. (S-16)