AMBON, Siwalimanews – RT dan RW diberikan pesan oleh aparat kepolisian keamanan untuk menyelesaikan masalah yang ter­jadi di lingkungan masing-masing, khususnya di wilayah hukum Polsek Nusaniwe.

Kebijakan Kapolsek Nusaniwe Iptu John Anakotta yang memberi peran lebih kepada RT dan RW untuk dapat menyelesaikan masa­lah mendapatkan apresiasi dari warga Batu Gantung Kampung Ganemo.

Tokoh masyarakat Batu Gantung Ganemo, Ari Sahertian kepada Si­walima, Sabtu (7/5) mengaku, kebijakan Kapolsek Nusaniwe perlu diberi apresiasi dan acungan jempol.

“Ini kebijakan yang sangat baik, sebab ini juga akan membuat RT dan RW dihargai oleh masyara­katnya,” kata Ari.

Selain itu, menurutnya warga Batu Gantung Ganemo ini harus dudukan terlebih dahulu dalam posisi sebagai masyarakat adat, sehingga proses-proses penyele­saian yang terjadi di wilayah ini, baik itu kenakalan remaja dan lainnya dapat disinkronisasikan dengan adat, maka penyelesaian masalah yang terjadi dapat ter­selesaikan dengan baik.

Baca Juga: Danrem Binaiya Cek Situasi Arus Mudik

Yang berikut patut disyukuri, bahwa para petinggi yang ada pada pemerintahan, baik itu polisi, TNI mereka harus turun sampai ke jajaran yang terendah. Dan itu yang terjadi Kapolsek dan Danramil turun ke Ganemo untuk duduk bersama masyarakat berbicara mengenai kamtibmas.

“Persoalan yang terjadi antar warga di satu lingkungan, memang tanggungjawabnya RT dan RW, tetapi terlepas dari pada itu, bila semua masyarakat ikut serta didalamnya, maka penyelesaian satu masalah di lingkungan pasti dapat diselesaikan dengan baik, ujarnya.

Tokoh Pemuda Ganemo Ketty Latuperissa juga mengapresiasi apa yang dilakukan oleh polsek nusaniwe.

Atas nama pemuda, saya ingin katakan kebijakan Kapolsek ada­lah satu langkah yang luar biasa. Saya angkat jempol sebab ini sangat luar biasa. Saya juga minta masyarakat untuk kiranya hargai RT/RW di Ganemo,” pintanya.

Pendeta Jemaat GPM Rehoboth Roby Hatalabessy juga mengungkapkan hal yang sama. Bahkan ia mengaku langkah yang ditempuh oleh Kapolsek dengan turun ke setiap komunitas bahkan gereja dan masjid untuk melakukan sosialisasi tentang kamtibmas.

“Langkah yang diambil oleh Kapolsek dengan melakukan kegiatan bacarita kamtibmas di lingkungan maupun di gereja dan masjid merupakan satu langkah yang perlu dicontohi dan didukung,” kata Hatalabessy.

Hal senada juga datang dari Ketua RW 02 Batu Gantung Ganemo Nik Hukubun dan Ketua RW 01 Jahja Balyanan. (S-10)