AMBON, Siwalimanews – Ditengah manajemen RSUD dr M Haulussy yang dipimpin Nazarudin yang dapat dikatakan amburadul, namun RS plat merah ini ternyata bisa meraih akreditasi paripurna dari Kementrian Kesehatan RI.

Akreditasi paripurna adalah akreditasi tertinggi yang diberikan pemerintah kepada RS karena telah memenuhi standar yang ditetapkan. Tujuan akreditasi itu sendiri adalah untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan pada RS itu sendiri.

Ketua Akreditasi RSUD dr M Haulussy Ambon dr Jacky Tuamelly kepada Siwalimanews di Ambon, Kamis (27/4) menuturkan, Lembaga Akreditasi Fasilitas Kesehatan Indonesia telah memberikan bimbingan sejak Januari 2023 lalu.

Sehingga pada 7 April 2023 kemarin telah diumumkan, bahwa RSUD M Haulussy Kudamati Ambon, mendapatkan akreditasi paripurna berdasarkan 16 indikator panilaian dengan 3 kelompok besar, yaitu kelompok managemen, medis, dan kelompok keperawatan.

“Jadi dari 16 kategori penilaian, dibagi ke 3 kelompok besar itu,” ujarnya.

Baca Juga: Arus Balik Lebaran Belum Terlalu Nampak

Tuamelly mengaku, walaupun kondisi manajemen RSUD saat ini lagi tidak baik, tetapi, pihaknya tetap berusaha menjadikan RS ini lebih baik dan tidak terpuruk dengan apa yang terjadi saat ini, dengan itu sehingga ada jalan untuk menjadikan RS ini menjadi lebih baik.

“Memang banyak tantangan untuk memperoleh akreditasi ini. Persiapan kita banyak tantangan, termasuk soal kesiapan dokumen-dokumen, tapi semuanya bisa selesai tepat waktu, dan 7 April kemarin telah diumumkan dan dalam sehari dua ini, akreditasinya akan keluar dengan rumah sakit non pendidikan dengan akreditasi paripurna,” tuturnya.

Namun meski demikian, lanjut Tuamelly, RSUD telah mendapat civitasi dari Kementrian Kesehatan RI untuk menjadikan RS ini sebagai RS pendidikan.

“Saya berpikir RS ini harus paripurna, karena RS Haulussy akan menjadi RS Pendidikan, dan Januari kemarin, sudah ada Civitasi dari Kemenkes, bahwa RS ini akan dijadikan sebagai RS pendidikan. Jadi target kita kalau ini akan dijadikan sebagai RS Pendidikan, maka harus akreditasi paripurna,” tukasnya.

Dia menambahkan, bahwa terlepas dari berbagai persoalan yang terjadi, pihaknya berharap, dengan akreditasi paripurna ini, kedepannya RSUD M Haulussy akan semakin lebih baik.(S-25)