AMBON, Siwalimanews – Pasca selesai dilakukannya renovasi terhadap bangunan rumah sakit dr. Izac Umarela Tulehu yang hancur dan retak akibat gempa bumi september 2019 lalu, kini rumah sakit tersebut sudah siap untuk dioperasikan kembali.

Kebenaran akan dioperasikan­nya rumah sakit ini, diungkapkan oleh Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury kepda Wartawan setelah mengkonfirmasi dengan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Maikyal Pontoh.

“Kami telah menanyakan ke­­-pada Dinas Kesehatan Provinsi Maluku tentang direncanakan dibukanya RS Umarela,” ungkap Wattimurry digedung DPRD Maluku, Selasa (09/6).

Wattimurry menjelaskan, se­-mua bagian rumah sakit dr. Izac Umarela yang retak saat gempa bumi saat ini telah selesai diper­-baiki  dan siap untuk dioperasi­kan kembali. Itu berarti dari sisi ketersediaan fasilitas rumah sakit di Kota Ambon dan sekitar­nya dianggap telah mencukupi.

Namun, Wattimury menegaskan yang paling utama saat ini bukan hanya soal ketersediaan bangun fisik rumah sakit tetapi bagaimana ketersediaan tenaga kesehatan dengan dibukanya kembali rumah sakit umarela, apakah tenaga medis yang ada sudah sesuai atau belum.

Baca Juga: BBM Langka di Leihitu, DPRD Diminta Panggil Pertamina

Sambung Wattimury, pemerintah daerah  juga harus memastikan bahwa fasilitas kesehatan berupa peralatan yang ada di rumah sakit tersebut telah standar agar pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dapat dirasakan dengan baik.

Oleh karena itu DPRD Maluku akan selalu berkoordinasi dengan semua pihak termasuk pemerintah daerah dengan harapan agar pelayanan keseha­tan masyarakat dapat berjalan secara maksimal apalagi ditengah pandemi covid-19 yang sedang mewabah di Maluku.

“Pelayanan kesehatan mesti dilakukan secara optimal didaerah ini walaupun virus corona sementara menghantui masyarakat,” tandasnya.(Mg-4)