AMBON, Siwalimanews – Setelah melalui polemik yang panjang, akhirnya hari ini Senin (27/7), DPRD Provinsi Maluku mela­ku­kan pergantian antar waktu (PAW) jabatan Wakil Ketua DPRD Maluku per­wakilan Fraksi Partai Gol­kar dari Richard Rahak­bauw (RR) kepada rekan­nya Efendy Rasyad Latuconsina.

Pelaksanaan PAW itu akan dilakukan dalam rapat paripurna dan dipimpin Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury. Wattimury meng­ungkapkan hal itu kepada warta­wan di sela-sela kesibukannya di Baileo Rakyat Karang Panjang Ambon Jumat (24/7).

Menurut Wattimury, PAW dilakukan setelah pihaknya berkoordinasi dengan Ketua Pengadilan Tinggi di Ambon terkait kediaan waktu guna pengambilan sumpah wakil ketua yang baru.

“Jadi, dipastikan itu Senin (hari ini Red), DPRD Maluku akan melangsungkan paripurna PAW wakil ketua dari Fraksi Partai Golkar,” ungkapnya.

Dilakukannya PAW sambung Wattimury, DPRD Maluku menindaklanjuti Keputusan Mendagri dengan tetap mengikuti prosedur yang telah diatur tata tertib berkaitan dengan proses PAW pimpinan dewan.

“Intinya sampai PAW dilakukan maka SK Mendagri yang sudah diterima telah ditindaklanjuti dengan semua prosedur yang ada dalam tatib,” tegasnya.

Terkait dengan jalannya rapat paripurna, Wattimury menambahkan DPRD Maluku tetap berpatokan pada kondisi pandemik Covid-19, sehingga proses PAW dapat dilakukan menggunakan sistim langsung maupun daring dan rencananya dihadiri Forkopimda Maluku.

RR Legowo

Richard Rahakbauw legowo melepas jabatan dan menyerahkannya kepada Rasyid Effendi Latuconsina. DPP Golkar mencopot RR, sapaannya dari kursi Wakil Ketua DPRD Maluku dan menyerahkan kepada Effendi Latuconsina. RR dinilai membangkang terhadap partai.

RR awalnya akan menggugat DPP. Namun langkah hukum itu batal dilakukan. Ia memilih untuk menggugat ke Mahkamah Partai Golkar.

“Saya patuh selaku kader dan legowo menerima keputusan DPP,” tandas RR kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (6/5).

RR mengakui, masalah pergantian dirinya masih bergulir di mahkamah partai. Namun ia tak mau lagi membuat berkepa­njangan. Ia memilih untuk patuh kepada keputusan DPP.

RR juga menyampaikan terima kasih kepada pimpinan DPRD yang lain, yang selama ini sudah bekerja bersama dengan dirinya.  “Saya  mohon maaf jika ada tindakan yang menyakiti hati, baik pimpinan maupun anggota, karena sebagai manusia pasti memiliki kelemahan dan kekhilafan,” ujarnya.

Sementara Ketua DPRD Lucky Wattimury mengatakan, Banmus baru saja menyelesaikan agenda besar yaitu menetapkan PAW wakil ketua dari Fraksi Golkar. “Kita sudah bisa selesaikan satu agenda besar yaitu menetapkan pergantian antar waktu wakil ketua dari Fraksi Golkar yakni pak Richard Rahakbauw kepada pak Effendi Latuconsina,” kata Wattimury.

Dijelaskan, RR yang minta agar proses PAW berjalan, agar tidak ada hambatan dalam Fraksi Golkar. “Pak Richard sendiri yang minta supaya proses ini harus jalan,” ujar Wattimury. (Cr-2)