AMBON, Siwalimanews – Agus Ririmasse terplih secara aklamasi sebagai Ketua Koni Kota Ambon periode 2022-2026.

Ririmasse terpilih sevagai Ketua Koni setelah dalam Musyawarah Olaharaga Kota (Musorkot) IV KONI Kota Ambon yang berlangsung di Balai Kota, Sabtu (18/6) pesaingnya AG Latuheru mundur dari pencalonan.

Latuheru menyatakan mundur disela-sela penyampaian visi-misinya dan akhirnya semua peserta Musorkot menyetujui Ririmasse tanpa ada perdebatan.

“Saya ucap terimakasih kepada semua pimpinan cabang olahraga yang telah mendukung saya sebagai Ketua Koni Kota Ambon periode 2022-2026,” ucap Ririmase usai terpilih.

Ririmasse juga mengapresiasi langkah Latuheru yang memilih mundur diakhir proses pencalonan tersebut.

Baca Juga: Sekot Minta Setiap Desa Audit Data Stunting

“Ini perisitiwa bersejarah di kota ini. Sportifitas yang dilakukan pak Tony Latuheru patut dihormati. Beliau lepaskan tanggungjawab ke saya. Dengan itu, saya berjanji akan berkomitmen memajukan olahraga di kota ini sesuai visi dan misi. Saya juga akan bangun komunikasi dengan Pemda Maluku maupun pempus. Akses yang saya miliki di pusat akan saya tempuh untuk memajukan olahraga di kota ini,” janji Ririmase.

Selaku Ketua Umum terpilih dan dalam kapasitas selaku Sekot Ambon, Ririmasse juga berjanji akan memperhatikan anggaran untuk pengembangan olahraga, baik atletnya maupun pelatih dan semua yang terlibat dalam organisasi olahraga itu.

“Saya tidak bermuluk-muluk. Tapi saya akan perhatikan anggaran pengembangan olahraga di kota ini. Khususnya dalam persiapan kita kedepan. Popmal kita akan siapkan anggaran, sehingga atlet kita bisa keluar sebagai juara umum,” cetusnya.

Ia juga berjanji akan mengakomudir kepengurusan  Koni dari cabor yang punya komitmen yang sama, yaitu untuk memajukan olahraga, serta menyiapkan sarana dan prasarana Koni Kota Ambon.

“Jangan ada kepentingan lain, selain memajukan olahraga di kota ini,”tandasnya.

Untuk diketahui, visi Ririmasse sebagai Ketua Koni Kota Ambon yakni mewjudukan Kota Ambon sebagai lumbung atlet berprestasi dilevel nasional maupun internasional.

Sementara misinya yakni, mewujudkan tata kelola organisasi Koni Kota Ambon dan anggota Koni yang efektif dengan melakukan, penguatan kapasitas pengurus Koni Kota Ambon dan penataan serta pembinaan anggota Koni Kota Ambon (Cabor dan Korcam) secara tertib dan prosedural.

Mengusahakan sumber pendanaan yang optimal dengan pengelolaan yang transparan dan akuntabel, memfasilitasi penyelenggaran kejuaran secara rutin, berkelanjutan dan terukur, manyediakan sarana dan prasarana keolahragaan yang berstandarisasi, mengembangkan informasi teknologi secara terencana dan berkelaniut dan mewujudkan kesejahteraan atlet dan pelatih berprestasi secara profesional dan proporsional dengan merekomendasi atlet menjadi pegawai daerah dan atau anggota TNI/Polri serta melakukan koordinasi terpadu untuk penyediaan rumah tinggal bagi atlet dan pelatih berprestasi di level nasional dan internasional. (Mg-1)