AMBON, Siwalimanews – Resmi dilantik, Ketua Koni Ambon langsung pasang target tinggi untuk membawa perubahan dalam olahraga di kota dengan tajuk Manise tersebut.

Berbekal pengalaman, Ririmasse bertekat membawa Kota Ambon menjuarai Pekan Olahraga Provinsi Maluku (atau Popmal ke IV di akhir tahun 2022.

“Selaku ketua yang baru dilantik, saya nyatakan komitmen untuk Ambon keluar sebagai juara umum pada POPMAL mendatang,” tegas Ririmasse.

Ririmasse katakan, visi mewujudkan Kota Ambon sebagai lumbung atlet berprestasi level nasional dan internasional, menjadi atensi dari KONI Maluku yang memiliki komitmen kuat untuk mengangkat harkat dan martabat orang Maluku melalui olahraga prestasi pada level nasional dan internasional.

“Saya mengajak seluruh pengurus KONI Kota Ambon dan pengurus cabang olahraga untuk bersama-sama dalam satu gerak dan semangat yang membara selaku pelaku olahraga di Kota Ambon untuk mewujudkan hal itu,” harapnya.

Dalam konteks itu, relasi dan dukungan Pemkot Ambon bersama forkopimda sangat dibutuhkan. Sebab peran pemerintah sesuai amanat UU Keolahragaan Nasional begitu penting dan strategis. Demikian juga partisipasi dan peran lembaga swasta lainnya untuk berkontribusi bagi kejayaan olahraga di Ambon, Maluku dan Indonesia penting.

“Event olahraga di Kota Ambon harus kita galakan dan implementasikan secara rutin dan terukur. Ini penting untuk memproduksi atlet yang siap berprestasi pada level nasional dan internasional,” tegasnya.

November tahun ini akan dilangsungkan Popmal, ia meminta agenda ini didukung penuh seluruh pelaku olahraga di Kota Ambon. “Pengurus pasca pelantikan akan sesegera mungkin mempersiapkan pelaksanaan pekan olahraga Kota Ambon atau Porkot,” harapnya.

Sementara itu, Ketum KONI Maluku, Murad Ismail berharap, amanah yang diberikan kepada pengurus KONI Kota Ambon dapat dijaga dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Kepada ketua dan pengurus dilantik untuk tidak melakukan tindakan inprosedural yang berdampak terhadap kepercayaan masyarakat bagi KONI Kota Ambon. Sebab pembinaan serta pengembangan olahraga di kota ini tergantung pengurus KONI,” ucapnya (S-25)