MASOHI, Siwalimanews – Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua, melantik dan mengambil sumpah Richard YB Lailossa, sebagai Upu Manuhualattu Laillossate XX atau Kepala Pemerintah Negeri Waraka, Kecamatan Teluk Elpaputih, Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (28/9).

Bupati saat melantik Lailossa minta agar, dalam memimpin Negeri Paisine Yalmalatu Waraka, diharapkan senantisa melayani dengan sepenuh hati demi memajukan negeri tersebut ke arah yang lebih baik di masa mendatang.

“Menyadari bersama bahwa tugas dan tanggung jawab yang diemban mulai hari ini merupakan amanah suci yang nantinya harus dipertanggung jawabkan kepada masyarakat, negeri dan pemda terutama kepada Allah SWT, maka segala langkah kebijakan ataupun keputusan yang akan saudara ambil, haruslah didasarkan pada ketentuan perundangan yang berlaku dan benar-benar dilakukan dengan tulus dan niat baik untuk memajukan masyarakat dan negeri,” pesan Bupati.

Sementara itu, menyikapi berbagai persoalan, dan harapan masyarakat yang semakin keras disuarakan untuk mendapatkan pelayanan publik yang lebih baik, terutama dalam kondisi pandemi, maka terobosan dan inovasi harus dapat dilakukan dalam merumuskan berbagai program dan kebijakan demi memenuhi tuntutan rakyat itu.

“Selaku Kepala Pemerintah Negeri, saudara harus mampu lakukan terobosan-terobosan yang inovatif dalam merumuskan berbagai program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat guna mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat menuju kemajuan dan kemandirian negeri,” ujar Bupati.

Baca Juga: Pemuda Haya Demo Tolak Aktivitas PT Mahatama Lestari

Selain itu, Bupati juga mengingatkan Lailossa agar dapat transparan mengelola keuangan negeri sesuai mekanisme perundang-undangan yang berlaku.

“Terkait pengelolaan keuangan, perlu saya ingatkan pula kepada saudara selaku penanggungjawab pengelolaan keuangan negeri agar dapat melakukan seluruh proses dan mekanisme pengelolaan keuangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, sehingga dapat hindari penyalahgunaan pengelolaan keuangan, baik DD maupuN ADD,” pinta Bupati.

Lebih lanjut Bupati dua periode itu menghimbau kepada seluruh raja di Kecamatan Teluk Elpaputih agar dapat memberikan edukasi kepada masyarakat untuk senantiasa menaati protokol kesehatan serta mengikuti program vaksinasi massal, yang sementara digalakan pemerintah, sebagai bentuk upaya penanganan pandemi covid-19.

“Saya berharap semua komponen masyarakat di daerah ini dapat terus bersinergi, bahu membahu, saling menghargai dan menghormati untuk terus membangun kabupaten ini dalam semangat hidup orang basudara,” harap Bupati. (S-36)